Cegah Virus Omicron, WNA 11 Negara Dilarang Masuk Indonesia, Berikut Rincian

- Senin, 29 November 2021 | 10:47 WIB
Ilustrasi. Guna cegah  Covid-19 varian Omicron masuk  , WNA 11 negara dilarang datangi Indonesia, berikut daftar 11 negara. /Pixabay.
Ilustrasi. Guna cegah Covid-19 varian Omicron masuk , WNA 11 negara dilarang datangi Indonesia, berikut daftar 11 negara. /Pixabay.

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - Guna mencegah masuknya varian baru virus Covid-19 jenis Omicron pemerintah IOndonesia bertindak tegas.

Hal ini akibat ditemukannya varian baru virus Omicron atau SARS-CoV-2 B.1.1.529 di Afrika Selatan.

Tindakan tegas yang dilakukan pemerintah Indonesia tersebut berlaku mulai hari ini, warga negara yang pernah melakukan perjalanan ke 11 negara dilarang masuk Indonesia.

Baca Juga: Afrika Dilanda Virus Covid-19 Omicron, dr Angelique Coetzee : Penyebaran Cepat, Gejala Kelelahan

Sedangkan 11 negara yang dimaksud masing-masing, Afrika Selatan, Botswana, Lesotho, Eswatini, Mozambique, Malawi, Zambia, Zimbabwe, Angola, Namibia, dan Hong Kong.

Selain itu, warga yang pernah tinggal dan mengunjungi negara tersebut dalam kurun waktu 14 hari, ini dilarang untuk masuk ke Indonesia.

Hal ini sesuai dengan surat edaran (SE) Nomor 23 Tahun 23 Tahun, tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Baca Juga: Indonesia Waspada Virus Covid-19 Omicron, Menteri Luhut : Masyarakat Tak Perlu Panik

Menurut Ketua Satgas Suharyanto, Surat Edaran berlaku efektif mulai hari ini, 29 November 2021 sampai waktu yang ditentukan kemudian.

Sedangkan untuk warga negara Indonesia (WNI) yang melakukan perjalanan ke 11 negara tersebut tetap bisa masuk ke Indonesia dengan catatan menjalani protokol kesehatan yang sudah ditentukan.

Halaman:

Editor: Kusmiyanto

Sumber: Pikiran-Rakyat.com

Tags

Terkini

X