Penerapan Vaksinasi Covid-19 di Indonesia Mendapat Ajungan Jempol dari WHO

- Rabu, 9 Juni 2021 | 10:35 WIB
Logo Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). WHO telah mengkategorikan Indonesia sebagai negara dengan tingkat vaksinasi Covid-19 yang sukses. /Pixabay/padrinan
Logo Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). WHO telah mengkategorikan Indonesia sebagai negara dengan tingkat vaksinasi Covid-19 yang sukses. /Pixabay/padrinan

BANDUNG, suaramerdeka-wawasan.com-Sistem penanganan penyebaran virus covid-19 di Indonesia mendapat pujian dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Salah satunya diterapkannya program vaksinasi virus corona kepada seluruh warga Indonesia secara masif.

Immunization Officer WHO Indonesia, Olivi Silalahi mengatakan, Indonesia menjadi salah satu negara dengan program vaksinasi sukses.

Menurut dia, hal itu tidak terlepas karena komitmen Presiden Joko Widodo yang melaksanakan secara maksimal bersama Kementerian Kesehatan RI sebagai upaya mengakhiri pandemi Covid-19 di dalam negeri.

Baca Juga: Demo Tolak Omnibus Law Cipta Kerja, 4 Mahasiswa Semarang Divonis Percobaan

"Urutan ke-2 negara yang terbanyak penduduknya yang sudah mendapat vaksinasi Covid-19. Untuk negara yang belum bisa memproduksi vaksin sendiri. Indonesia sudah  menjangkau kelompok-kelompok rentan," kata Olivi dalam keterangan tertulis saat Dialog Produktif KPCPEN dan FMB9 secara daring Selasa, 8 Juni 2021.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Guru Besar Mikrobiologi Klinik Universitas Indonesia, Prof. Pratiwi Pudjilestari Sudarmono menilai, kendala utama dalam melaksanakan vaksin soal penyampaian informasi terkait vaksin.

Menurut dia, ada kelompok masyarakat yang justru lebih sering menerima informasi mengenai efek samping vaksin yang dianggap menakutkan.

"Untuk itu kita bisa berikan penerangan bagaimana vaksin bekerja, bagaimana vaksin efektif menghambat infeksi terjadi dan juga mencegah transmisi terjadi dan akhirnya mengurangi jumlah pasien," tuturnya.

Baca Juga: Polri-TNI Soroti Penanganan Covid di Kudus, Kapolda: Terapkan Managemen Kontijensi Covid-19.

Adapun Kepala Divisi Ritel dan Pelayanan Bio Farma, Mahsum Muhammadi menambahkan, suksesi program gerakan vaksinasi nasional bergantung pada ketersediaan dan distribusi vaksin.

Halaman:

Editor: Kusmiyanto

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Terkini

X