Bukan Soal Kuota Ibadah Haji Tahun Ini Dibatalkan, Yenny Wahid Beberkan Penyebabnya

- Sabtu, 5 Juni 2021 | 16:24 WIB
Yenny Wahid beberkan alasan Haji 2021 dibatalkan. /Pixabay/Instagram
Yenny Wahid beberkan alasan Haji 2021 dibatalkan. /Pixabay/Instagram

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - Di tahun kedua pandemi Covid-19, kali ini mengharuskan pelaksanaan kegiatan Ibadah Haji diurungkan kembali.

Pemerintah melalui Kementerian Agama RI telah memutuskan untuk tidak memberangkatkan jamaah calon haji pada musim haji tahun 2021 ini.

Kementerian Agama (Kemenag) secara resmi telah melakukan pembatalan Ibadah Haji 2021 yang disampaikan dalam konferensi pers Kemenag pada Kamis, 3 Juni 2021.

Baca Juga: Rencana Sekolah Tatap Muka, Satgas Covid-19: Kesehatan dan Keamanan Siswa Harus Diprioritaskan

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas atau disapa Gus Yaqut, mengumumkan langsung pembatalan Ibadah Haji 2021 ini melalui Surat Keputusan (SK) Menag.

Pasalnya, belum adanya kepastian penyelenggaraan haji dari pemerintah Arab Saudi yang mengakibatkan pemerintah tidak punya cukup waktu untuk menyiapkan pelayanan dan perlindungan bagi jemaah.

Di sisi lain, alasan keamanan dan keselamatan karena pandemi Covid-19 menjadi salah satu keputusan membatalkan pemberangkatan haji.

Baca Juga: Ikatan Cinta 5 Juni 2021: Ricky Karma Nyata Bagi Elsa, Jebakan Cinta Sesaat Bikin Istri Nino Menyesal

Namun, kabar pembatalan haji 2021 mengimbas beredarnya berita hoaks, bahwa pemerintah Indonesia membatalkan haji karena tidak mendapatkan kuota.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Sumber: PikiranRakyat.com

Tags

Terkini

X