Dihantam 'Mimpi Buruk' , Tahun 2021 Indonesia Tak Dapat Jatah Kuota Haji

- Selasa, 1 Juni 2021 | 14:15 WIB
Ilustrasi haji. Kuota haji 2021 tidak diberikan kepada Indonesia oleh Pemerintah Arab Saudi karena jenis vaksin Covid-19 untuk program vaksinasi Covid-19. /Pixabay/Konevi
Ilustrasi haji. Kuota haji 2021 tidak diberikan kepada Indonesia oleh Pemerintah Arab Saudi karena jenis vaksin Covid-19 untuk program vaksinasi Covid-19. /Pixabay/Konevi

SM Wawasan - Negara Indonesia dikenal memiliki penduduk dengan mayoritas beragama Islam.

Menuju musim Haji 2021 yang tidak akan lama lagi, Indonesia dihadapkan ketidakpastian terkait kuota untuk melaksanakan rukun islam kelima itu.

Pasalnya, baru-baru ini Indonesia dikabarkan tidak mendapatkan kuota haji 2021 dari Pemerintah Arab Saudi dengan sejumlah alasan.

Salah satu penyebab mengapa Indonesia ‘tersingkirkan’ dalam bagian kuota haji 2021 yakni terkait vaksin Covid-19 yang digunakan pemerintah untuk program vaksinasi.

''Karena informasi terbaru yang kita dengar bahwa kita enggak dapat kuota haji. Nah, ini untuk pelajaran juga bagi kita supaya soal vaksin ini kita akan lebih perhatikan agar tidak terjadi hal-hal seperti ini,'' ujar Sufmi Dasco Ahmad, selaku Wakil Ketua DPR, Senin 31 Mei 2021.

Tak hanya itu, Sufmi Dasco Ahmad juga mengakui bahwa pihaknya memang belum mendapat informasi detail perihal kuota haji 2021 untuk Indonesia dari Arab Saudi ini.

Meski begitu, dia menyebut penjelasan lebih dalam mengenai ibadah haji 2021, akan dilalukan oleh Komisi VIII DPR atau pimpinan DPR lain.

''Saya baru dapat informasi begitu. Nanti mungkin akan dijelaskan oleh Komisi VIII DPR yang terkait. Atau nanti Pak Muhaimin Iskandar sebagai Wakil Ketua DPR yang membawahi yang akan menjelaskan,'' katanya, sebagaimana Pikiran-Rakyat.com kutip dari PMJ News.

Di sisi lain, Ace Hasan Syadzily yang merupakan Wakil Ketua Komisi VIII DPR mengaku mendapat informasi serupa.

Ia menuturkan, sebelumnya Arab Saudi baru membuka akses masuk bagi 11 negara, dan ternyata negara Indonesia bukan salah satunya.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Sumber: PikiranRakyat.com

Tags

Terkini

X