Gempa Bumi Guncang Kabupaten Karangasem Bali, Diketahui Tiga Tewas dan Ratusan Bangunan Rusak Parah

- Sabtu, 16 Oktober 2021 | 13:10 WIB
Gempa bumi merusakkan ratusan rumah di Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali, Sabtu, 16 Oktober 2021. /Dok. beritabali.com/
Gempa bumi merusakkan ratusan rumah di Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali, Sabtu, 16 Oktober 2021. /Dok. beritabali.com/

DENPASAR, suaramerdeka-wawasan.com - Gempa bumi mengguncang Kabupaten Karangasem dan Bangli, Provinsi Bali, menyebabkan 3 orang tewas dan merusakkan ratusan bangunan, Sabtu, 16 Oktober 2021.

Dilaporkan Pusdalops BNPB Provinsi Bali, gempa bumi berkekuatan korban magnitudo 4,8 menyebabkan seorang meninggal di Karangasem dan 2 orang di Bangli, sedangkan 7 orang mengalami luka patah tulang.

Menurut BNPB, seorang yang meninggal di Karangasem masih dalam tahap evakuasi dari reruntuhan bangunan, karena menunggu tim SAR.

Baca Juga: Kasus Pelecehan Seksual terhadap Mahasiswa di UNNES Tinggi, Sebagian Besar Tak Berani Lapor

Petugas hingga saat ini masih berjibaku menangani para korban dan kondisi di daerah tersebut, lantaran terjadi longsor di tiga titik dari bukit Abang, sehingga proses evakuasi harus dilakukan lewat danau.

“Kami masih penanganan sementara dr 8 jiwa sudah semua kita rujuk ke Puskemas. Semoga semua selamat. Kami masih menunggu hasil medis pihak Puskesmas,” ujar Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Bangli, I Ketut Agus Sutapa, Sabtu, 16 Oktober 2021.

Dampak kerusakan terparah akibat gempa terjadi di wilayah Desa Ban, Kecamatan Kubu, dan Desa Pempatan, Kecamatan Rendang, Karangasem.

Baca Juga: Tak Ingin Anak Jadi Korban Perceraian, Dj Una dan Irsan Ramadhan Sepakat Urus Bersama

Di dua wilayah tersebut, ratusan bangunan pelinggih merajan hingga bangunan rumah mengalami kerusakan dengan tingkat kerusakan parah, sedang hingga ringan.

"Untuk di wilayah Desa Ban, sementara laporan masuk dari Dusun Jatituhu ada 70 rumah yang hancur, kita masih lakukan penyisiran karena banyak titik longsor menutup akses jalan," kata Perbekel Ban, I Gede Tamu Sugiantara dikutip dari beritabali.com.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X