Anak Sungai Bengawan Solo di Klaten Meluap, Sawah Milik Warga Seluas 128 Hektare Tergenang Banjir

- Sabtu, 19 November 2022 | 23:31 WIB
Permukiman warga di Desa Gondangsari, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten yang terendam banjir pada Sabtu, 19 November 2022.  /BPBD Kabupaten Klaten/
Permukiman warga di Desa Gondangsari, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten yang terendam banjir pada Sabtu, 19 November 2022. /BPBD Kabupaten Klaten/

KLATEN, suaramerdeka-wawasan.com - Anak sungai Bengawan Solo di Kabupaten Klaten meluap akibat hujan deras hingga menggenangi permukiman dan persawahan milik warga pada Sabtu, 19 November 2022.

Sekretaris BPBD Kabupaten Klaten, Nur Tjahjono Suharto menyebutkan, luapan air dari aanak sungai Bengawan Solo dilaporkan terjadi di dua dusun, sehingga rumah tujuh KK (Keala Keluarga) terendam air.

''Di Dusun Pajangan dan Jetis, Desa Gondangsari terjadi luapan banjir akibat luberan dari anak sungai Bengawan Solo. Kejadian sejak jam 06.00 WIB ke permukiman warga ada 7 KK,'' jelas Nur Tjahjono kepada wartawan.

Baca Juga: Bengawan Solo Meluap Akibat Hujan Deras, Empat Kecamatan di Kabupaten Sukoharjo Tergenang Banjir

Menurut dia, air yang masuk ke permukiman tingginya antara 75-100 sentimeter, sehingga membuat warga dievakuasi ke rumah yang lebih aman.

''Upaya kita pengamanan warga dan antisipasi evakuasi warga di rumah yang tidak kena banjir. Jumlah jiwa terdampak sekitar 30 orang,'' tambahnya.

Sementara itu Camat Cawas, Moh Prihadi mengatakan, persawahan di wilayahnya milik warga seluas 128 hektare yang berada di Desa Balak, Kecamatan Cawas, terendam banjir.

Baca Juga: Kepala Dinkes Jateng Ditugasi sebagai Pj Bupati Cilacap, Ganjar Pranowo Bekali Tiga Pesan

''Lahan padi yang terendam sementara 128 hektare. Usia ada yang baru persemaian dan usai tanam satu minggu,'' jelas Prihadi.

Luapan itu, katanya, berasal dari sungai-sungai anak Bengawan Solo, akibat hujan deras yang terjadi pada Jumat malam, 18 November 2022 hingga dini hari.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X