Bengawan Solo Meluap Akibat Hujan Deras, Empat Kecamatan di Kabupaten Sukoharjo Tergenang Banjir

- Sabtu, 19 November 2022 | 23:17 WIB
Banjir yang menggenangi wilayah Kecamatan Grogol di Kabupaten Sukoharjo pada Sabtu, 19 November 2022. /Dok Istimewa/
Banjir yang menggenangi wilayah Kecamatan Grogol di Kabupaten Sukoharjo pada Sabtu, 19 November 2022. /Dok Istimewa/

SUKOHARJO, suaramerdeka-wawasan.com - Hujan deras dengan intensitas tinggi yang turun di wilayah Kabupaten Sukoharjo dan sekitarnya, membuat Bengawan Solo meluap pada Sabtu, 19 November 2022.

Kepala BPBD Sukoharjo, Sri Maryanto menyebutkan, akibat meluapnya Bengawan Solo itu sebanyak empat kecamatan tergenang banjir, antara lain Weru, Grogol, Baki, dan Mojolaban.

''Kecamatan Weru menjadi wilayah yang pertama kali terdampak banjir, yang terjadi sejak Jumat malam, 18 November 2022,'' jelas Sri Maryanto kepada wartawan pada Sabtu, 19 November 2022.

Baca Juga: Nora Alexandra dan Jerinx SID Diterpa Isu Keretakan Rumah Tangga, Diduga Begini Penyebabnya

Menurut dia, desa yang terdampak banjir di Kecamatan Weru, terjadi di Krajan, Tawang, Grogol, Jatingarang, Tegalsari, Karangwuni, Karangtengah, dan Karakan, dengan total ada 5414 KK (kepala keluarga) yang terdampak.

Ia menyebutkan, di tiga kecamatan lainnya, yaitu Grogol, Baki, dan Mojolaban, menyusul terdampak banjir pada Sabtu pagi, 19 November 2022, hingga sebanyak 1.582 KK yang terdampak.

''Kalau totalnya, dari bencana banjir yang terjadi di empat kecamatan di Kabupaten Sukoharjo, ada 6.996 KK yang terdampak,'' tambahnya.

Baca Juga: Berkas Perkara Empat Eksekutor Istri TNI AD Dilimpahkan ke Kejari Semarang, Dilakukan Penuntutan

Untuk mengatasi banjir tersebut, Tim SAR gabungan bahu-membahu melakukan evakuasi warga, dan barang berharga milik warga yang terdampak, dengan meyiagakan perahu karet, dan alat evakuasi lainnya.

Begitu pula bantuan logistik, telah diberikan kepada warga yang terdampak. Hanya penyaluran bantuan logistik di Desa Kadokan, Kecamatan Grogol, yang terkendala akses jalan lantaran sudah tertutup air.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X