Jembatan Karanggantung Ambrol, Warga Tiga Dusun di Kabupaten Kendal Terancam Terisolir

- Senin, 7 November 2022 | 21:15 WIB
Kondisi pondasi Jembatan Karangantung di Desa Sojomerto, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal yang ambrol pada Senin, 7 November 2022, setelah  diterjang banjir Sungai Blukar. /Dok Istimewa/
Kondisi pondasi Jembatan Karangantung di Desa Sojomerto, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal yang ambrol pada Senin, 7 November 2022, setelah diterjang banjir Sungai Blukar. /Dok Istimewa/

KENDAL, suaramerdeka-wawasan.com - Ratusan warga tiga dusun di Desa Sojomerto, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal, terancam terisolir lantaran jembatan penghubung di tempat tersebut ambrol.

Kepala Dusun Sumyak, Muhammad Ka'ab mengatakan, ambrolnya Jembatan Karanggantung tersebut, akibat diterjang derasnya air saat banjir di Sungai Blukar pada Minggu, 6 November 2022.

''Tiga dusun yang terancam terisolir yaitu Karanggantung, Sumyak dan Seneng, dengan total warga hampir 1.500 orang,'' jelas Ka'ab kepada wartawan pada Senin, 7 November 2022.

Baca Juga: Tanggul Kali Beringin di Kota Semarang Jebol, 25 KK Warga Kelurahan Mangkang Wetan Terpaksa Ngungsi

Menurutnya, Jembatan Karanggantung yang berada di Dukuh Karanggantung itu, merupakan satu-satunya akses penghubung dengan dukuh lainnya.

Ia mengatakan, kondisi jembatan itu kini membahayakan, setelah sebagian pondasinya terkena erosi akibat diterjang derasnya banjir Sungai Blukar.

''Kondisi pondasi itu kini longsor, dan sudah memakan separuh jalan beton, sehingga jembatan tampak menggantung,'' paparnya.

Baca Juga: Diterjang Angin Puting Beliung, Dua Kecamatan di Kabupaten Pekalongan Porak Poranda

Dia mengungkapkan, untuk mengamankan jembatan, puluhan warga mulai bekerja bakti membersihkan dan memasang besi sepanjang 12 meter, sebagai alas alternatif untuk lewat kendaraan roda empat.

Ka'ab mengaku, khawatir apabila jembatan ini tidak segera diperbaiki, pasalnya jembatan ini merupakan akses utama warga untuk menjangkau pendidikan, ekonomi dan kesehatan.

''Jembatan ini jadi jalan vital bagi warga di tiga dusun, sehingga jika tidak segera diperbaiki warga terpaksa memutar jauh,'' harapnya.

Baca Juga: Ular Python Tiga Meter Sedang Memangsa Ayam, Gegerkan Warga Pesona Klipang Cluster di Kota Semarang

Sementara itu, katanya, pihak kecamatan sudah melaporkan ke UPTD Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kecamatan Gemuh, agar dapat segera melakukan perbaikan jembatan Karanggantung.***

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X