Polda Jateng Bekuk Dua Komplotan Maling Bermodus Pecah Kaca Mobil, Sasarannya Nasabah Bank

- Jumat, 4 November 2022 | 22:21 WIB
Para pelaku pencurian dengan modus pecah kaca mobil, yang berhasil diringkus Polda Jateng dalam konferensi pers di Mapolda Jateng, Jumat, 4 November 2022. /Dok Istimewa/
Para pelaku pencurian dengan modus pecah kaca mobil, yang berhasil diringkus Polda Jateng dalam konferensi pers di Mapolda Jateng, Jumat, 4 November 2022. /Dok Istimewa/

SEMARANG, suaramerdeka-wawasan.com - Ditreskrimum Polda Jateng berhasil membekuk dua komplotan maling bermodus pecah kaca mobil di Temanggung dan Cilacap.

Dirreskrimum Polda Jateng, Kombes Pol Djuhandani Rahardjo Puro mengatakan, pelaku yang beroperasi di tiga lokasi itu berhasil menjarah uang hingga mencapai Rp341 juta.

''Pencurian dan pemberatan modus pecah kaca dengan hasil yang cukup luar biasa, nilainya ada yang Rp203 juta. Ini menjadi perhatian kita,'' tegas Djuhandani saat ungkap kasus di Mapolda Jateng, Jumat, 4 November 2022.

Baca Juga: Dikritik Anggota Dewan, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Beri Jawaban lewat Akun TikTok

Menurut dia, uang Rp203 juta itu didapat kelompok Temanggung dari TKP di depan counter GG Cell Jalan Bulu-Parakan pada 31 Oktober 2022 lalu.

Sedangkan kelompok Cilacap, jelasnya, mendapat jarahan sekira Rp148 juta dari dua TKP yaitu di Jalan Yos Soedarso pada 16 September 2022, dan di Desa Karangkemiri pada 27 Oktober 2022.

''Pelaku yang ditangkap, masing-masing dari Polres Temanggung dan Polres Cilacap adalah enam dan lima orang,'' kata Djuhandani.

Baca Juga: Nekat Tetap Gelar Siaran TV Analog, Menkopolhukam Ancam Cabut Izinnya

Ia mengungkapkan, kedua kelompok disebut melakukan aksinya dengan sangat terencana.

Para pelaku, kata Djuhandani, mengincar nasabah yang baru keluar dari bank, dengan membawa banyak uang.

''Untuk mencapai target biasanya yang bersangkutan berada di lingkungan bank. Siapa kira-kira orang yang membawa uang banyak, kemudian ada orang yang mengikuti, dan mereka berkesempatan pecah kaca,'' bebernya.

Baca Juga: Ini Daftar 16 Tim ke Babak 16 Besar Liga Champions. Ini Mereka yang Harus ke Playoff Liga Europa

Dikatakan, saat ini pihaknya masih mendalami kasus ini, lantaran berdasarkan informasi sementara, ada sekitar 17 TKP lain yang menjadi sasaran para pelaku dalam waktu sekitar 2 bulan.

''Dari hasil analisis dan sebagainya, kemungkinan sampai 25 TKP lebih yang harus kita jerat kepada para pelaku,'' imbuhnya.

Djuhandani menyebutkan, selain para tersangka yang sudah ditangkap, masih ada dua orang lain masing-masing satu orang dari kelompok Temanggung dan Cilacap yang masih buron.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X