Musim Hujan Masih Berlangsung, Warga Kecamatan Gabus Pati Cemas Bakal Kebanjiran Lagi

- Minggu, 16 Oktober 2022 | 16:25 WIB
Banjir menggenangi Desa Gabus, Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati pada Sabtu sore, 15 Oktober 2022. /Dok Istimewa/
Banjir menggenangi Desa Gabus, Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati pada Sabtu sore, 15 Oktober 2022. /Dok Istimewa/

PATI, suaramerdeka-wawasan.com - Warga Desa Gabus, Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati, masih merasa cemas banjir akan datang lagi ke wilayahnya, mengingat musim hujan masih berlangsung.

Warga menyebut, banjir sudah sering terjadi karena kiriman air dari Pegunungan Kendeng, sehabis hujan deras. Bahkan, akibat banjir itu akses jalan kabupaten di Kecamatan Gabus-Tambakromo sempat ditutup.

Salah satu warga, Kaswadi (64) mengatakan, biasanya banjir tidak separah ini, meskipun wilayahnya sering ada banjir saat hujan deras.

Baca Juga: Tak Usah Datang di PN Jaksel, Sidang Kasus Pembunuhan Brigadir J Disiarkan Langsung di TV Nasional

''Biasanya tidak seperti ini, sebelumnya ini tidak seperti ini. Ini banjir dari Pegunungan Kendeng itu kan air dari sana, terus meluap ke daerah sini,'' jelas Kaswadi di lokasi, Sabtu, 15 Oktober 2022 dikutip dari detikJateng.

Kaswadi pun mengaku, khawatir terjadi banjir lebih parah, apalagi belakangan ini intensitas hujan masih tinggi.

''Waswas karena ini hujan kalau sore hari biasanya deras. Biasanya di sini sore ya sudah surut,'' ungkapnya.

Baca Juga: TGIPF Rekomendasikan Ketua Umum PSSI dan Exco PSSI Mundur. Atau...

Hal senada juga disampaikan Sudarso (65), yang berharap agar ada tindak lanjut dari pemerintah daerah, karena banjir sering terjadi di wilayahnya.

''Harapannya ada reboisasi dan normalisasi. Terus jalan ini juga sudah rusak, harapannya jalan ini ditinggikan dan diperbaiki,'' kata Sudarso di lokasi.

Terpisah, BA TUUD Koramil Gabus, Peltu Muslim mengatakan, banjir disebabkan curah hujan yang tinggi, sehingga sungai meluap dan terjadi banjir di permukiman warga.

Baca Juga: Dua Kelurahan di Kota Semarang Kebanjiran, Air Nyebrang ke Jalur Pantura hingga Lalin Sempat Macet

''Ini penyebabnya curah hujan tinggi karena air sungai meluap Dukuh Paras ini akhirnya melebar meluap ke jalan dan perumahan warga. Penyebabnya tanggul Sungai Paras Jebol,'' jelas Muslim saat ditemui di kantornya.

Menurutnya ada dua desa di Kecamatan Gabus yang kebanjiran, dan tercatat ada 450 rumah di dua desa tersebut yang tergenang banjir.

Seperti diketahui, banjir yang melanda Kabupaten Pati menggenangi enam kecamatan pada Sabtu, 15 Oktober pukul 16.00 WIB, namun kini sudah berangsur surut dan akses jalan Gabus-Tambakromo yang semula ditutup juga sudah bisa dilalui.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X