Pengedar Uang Palsu Dibekuk Polres Sukoharjo Berikut Barang Bukti, Modusnya Transfer lewat BRI Link

- Jumat, 30 September 2022 | 07:06 WIB
Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugoroho, menunjukkan barang bukti upal pecahan seratus ribuan dari tangan pengedar saat konferensi pers di Mapolres, Kamis, 29 September 2022. /Humas Polres Sukoharjo/
Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugoroho, menunjukkan barang bukti upal pecahan seratus ribuan dari tangan pengedar saat konferensi pers di Mapolres, Kamis, 29 September 2022. /Humas Polres Sukoharjo/

SUKOHARJO, suaramerdeka-wawasan.com - Polres Sukoharjo berhasil membekuk pengedar uang palsu (upal) berikut barang buktinya, yang diedarkan di wilayah Kecamatan Nguter.

Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengatakan, pelakunya adalah JP (44), warga Nguter, yang mengedarkan upal pecahan dengan nominal seratus ribuan sebanyak 15 lembar.

''Modus yang digunakan pelaku adalah, melakukan transfer BRI Link senilai Rp1,4 juta,'' jelas Wahyu dalam keterangan pers di Mapolres Sukoharjo pada Kamis, 29 September 2022.

Baca Juga: Usai Ditangkap KPK, Yosep Parera Tunjuk Ketua DPC Peradi Kota Semarang sebagai Kuasa Hukumnya

Menurut Wahyu, transfer itu dilakukan di Toko Nita Cell yang ada di Dukuh Gatakrejo, Desa Nguter, Kecamtaan Nguter pada 19 September 2022 lalu

Saat itu, jelasnya, pelaku memberikan uang sebanyak 15 lembar pecahan seratus ribuan kepada pegawai toko ponsel itu.

''Jadi pada Senin, 19 September 2022, pelaku datang ke toko ponsel untuk melakukan transaksi atau transfer melalui BRI Link. Setelah pegawai selesai melakukan transfer, pelaku memberikan uang Rp1,5 juta,'' paparnya.

Baca Juga: Pembunuhan Pegawai Bapenda Kota Semarang Belum Terungkap, LPSK dan Polisi ke TKP Penemuan Mayat

Ia mengatakan, pada saat diberikan uang tersebut, pegawai toko ponsel itu sebenarnya sudah merasa curiga, lantaran uang yang diberikan pelaku diperiksa melalui alat pendeteksi (sinar ultra violet), menunjukkan keanehan.

Tetapi, kata Wahyu, pelaku mengatakan bahwa uang tersebut baru saja diambil dari bank.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X