Onderdil Lampu Tenaga Surya PJU di Kabupaten Klaten Banyak Dicuri, Kerugian hingga Rp250 Juta

- Sabtu, 24 September 2022 | 12:51 WIB
Ilustrasi lampu PJU. /Pixabay/
Ilustrasi lampu PJU. /Pixabay/

KLATEN, suaramerdeka-wawasan.com - Dinas Perhubungan Klaten jengkel dengan tindak pencurian yang dilakukan terhadap onderdil lampu penerangan jalan umum (PJU) hingga menimbulkan kerugian cukup besar.

Kepala Dinas Perhubungan Pemkab Klaten, Supriyono mengatakan, onderdil lampu PJU yang dicuri hingga dirusak, kebanyakan merupakan tenaga surya.

''Kalau yang kemarin kerugian, ya sekitar Rp250 juta. Untuk laporan polisi kita kaji dulu,'' jelas Supriyono kepada wartawan pada Jumat, 23 September 2022.

Baca Juga: Kunjungi Keluarga Korban Pembunuhan, Tia Hendi Bersama PPT Seruni Akan Berikan Pendampingan Psikologis

Menurut dia, saat ini dua tim dinas terus berkeliling melakukan patroli dan membenahi sepanjang jalan untuk menangani PJU yang mati karena onderdilnya dicuri maupun dirusak.

''Muter terus, sepanjang ada kerusakan dan material ada kita tangani. Untuk laporan polisi, nanti kita inventarisasi total lebih dulu,'' jelas Supriyono.

Aksi semacam itu, kata Supriyono, tidak hanya terjadi di wilayah Kabupaten Klaten, tapi juga di beberapa kabupaten tetangga.

Baca Juga: Hujan Es di Ngaliyan Kota Semarang Gegerkan Warga, Begini Penyebab Fenomena Alam Itu

''Informasinya tidak hanya di Klaten, tapi juga di Sukoharjo, Wonogiri dan Boyolali. Untuk membedakan dengan pelaku, petugas dinas mengenakan seragam, dan dengan kendaraan dinas,'' paparnya.

Menurut Sekretaris Dinas Perhubungan Pemkab Klaten, Joko Suwanto, dua tim dinas terus berkeliling memperbaiki, namun untuk menangani PJU jalan negara ada kendala.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X