Jalan Tol Semarang ke Demak Mencapai 93 Persen, Diperkirakan Beroperasi Awal Januari 2023

- Jumat, 23 September 2022 | 22:11 WIB
Kondisi konstruksi jalan tol Semarang-Demak seksi 2 yang pembangunannya mencapai 93 persen pada Kamis, 22 September 2022.. /Humas Pemprov Jateng/
Kondisi konstruksi jalan tol Semarang-Demak seksi 2 yang pembangunannya mencapai 93 persen pada Kamis, 22 September 2022.. /Humas Pemprov Jateng/

SEMARANG, suaramerdeka-wawasan.com - Pembangunan konstruksi jalan tol Semarang-Demak seksi 2 yang hingga kini mencapai 93 persen, ditargetkan selesai pada 28 Oktober 2022.

Direktur Utama PT PP Semarang-Demak Siswantono mengatakan, direncanakan konstruksi jalan tol itu berlanjut pada Uji Layak Fungsi (ULF), setidaknya hingga dua bulan berikutnya.

''Karena progress sudah 93 persen, target selesai konstruksi di akhir Oktober, Insyaallah di 28 Oktober. Setelah itu kita ada proses Uji Layak Fungsi (ULF). Masa ULF ini kita alokasikan sekitar dua bulan,'' kata Siswantono, dikutip dari Jatengprov.go.id, Kamis, 22 September 2022.

Baca Juga: Jadi Tersangka Kasus Suap KSP Intidana, Sudrajat Dimyati Diberhentikan Sementara sebagai Hakim Agung MA

Ia berharap, tol bisa beroperasi dan dibuka untuk umum pada awal Januari 2023.

Dijelaskan, saat ULF nanti, akan dicek semuanya oleh tiga instansi, mulai dari Kementerian PUPR, Bina Marga, dan BPJT, Kementerian Perhubungan atau Perhubungan Darat, dan Satlantas atau dari kepolisian.

Menurutnya, untuk Kementerian PUPR, Bina Marga, dan BPJT akan mengecek keamanan dari konstruksi, struktur, timbunan, jembatan, parapet, aspal, dan lainnya.

Baca Juga: Hujan Es Disertai Angin Kencang Gegerkan Warga Colomadu Karanganyar, Genteng Rumah Warga Jadi Pecah

''Semuanya yang bersifat struktur, akan dicek satu persatu. Termasuk saluran, menimbulkan genangan atau enggak, itu dicek,'' ujarnya.

Dikatakan, dari Kementerian Perhubungan atau Perhubungan Darat, akan mengecek tentang peraturan-peraturan yang bersifat dengan perhubungan, seperti rambu, marka, dan reflektor cahaya.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X