Rumah Longsor Akibat Hujan Deras di Banyumas, Seorang Wanita Lansia Tertimbun Tanah Belum Ketemu

- Selasa, 20 September 2022 | 20:08 WIB
Lokasi rumah warga yang tertimbun longsor dan menyebabkan satu orang hilang di Kelurahan Arcawinangun, Kecamatan Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas, Senin malam, 19 September 2022. /Tagana Banyumas/
Lokasi rumah warga yang tertimbun longsor dan menyebabkan satu orang hilang di Kelurahan Arcawinangun, Kecamatan Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas, Senin malam, 19 September 2022. /Tagana Banyumas/

PURWOKERTO, suaramerdeka-wawasan.com - Seorang wanita lansia (lanjut usia), tewas tertimbun tanah longsor di Kelurahan Arcawinangun, Kecamatan Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas, Senin sore, 19 September 2022.

Informasi yang dihimpun, wanita lansia naas tersebut bernama Susilowati (80), yang berada di rumah lantaran dalam kondisi sakit, hingga kini belum diketahui keberadaannya akibat timbunan longsor .

Komandan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Banyumas, Ady Candra menjelaskan, kronologi kejadian ini bermula sekitar pukul 17.00 WIB Sungai Pelus mengalami banjir cukup besar.

Baca Juga: IPW Ungkap Jet Pribadi yang Dipakai Hendra Kurniawan ke Jambi, Ternyata Milik Bos Konsorsium Judi Online

''Banjir itu, katanya, karena hujan lebat di hulu sungai sejak pukul 15.00 WIB,'' ungkap Ady dalam keterangannya kepada wartawan, usai kejadian.

Ia mengatakan, sekitar pukul 19.30 WIB rumah Sabar yang ditinggali korban Susilowati mengalami longsor, akibat gerusan arus Sungai Pelus.

''Korban saat itu sedang di kamar pada saat kejadian, sehingga ikut terbawa longsoran hingga kondisi terkini masih belum terlihat,'' paparnya.

Baca Juga: Hendi Dukung Upaya Tangkap Pembunuh Pegawai Bapenda, Kapolrestabes Janjikan Pekan Ini Ditangkap

Ia menyebutkan, kemungkinan korban wanita lansia tersebut masih tertimbun material longsoran tanah di tebing sungai.

Menurutnya, begitu mendapat laporan adanya rumah yang longsor itu, Tim gabungan langsung mendatangi lokasi guna masih melakukan pemantauan dari atas tebing sungai.

Tim gabungan itu, jelasnya, antara lain Tim BPBD, BASARNAS, Pemerintah Kecamatan Purwokerto Timur, Polsek, Koramil, Pemerintah Kelurahan Arcawinangun, Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas dan Relawan Gabungan.

Baca Juga: Pekerja Bangunan Ditangkap Polresta Banyumas, Cabuli Tiga Siswa SD di Sekolahnya

Hal ini, sambungnya lagi, mengingat bagian bawah longsoran langsung berada di Sungai Pelus, yang kondisinya masih besar debit airnya, akbat guyuran hujan lebat.

''Kondisi debit di Sungai Pelus yang sangat deras itu, membuat belum memungkinkan untuk dilakukan pencarian terhadap korban,'' terangnya.

Ady mengungkapkan, dari kejadian tersebut, satu keluarga yang rumahnya berada paling dekat dengan rumah Sabar, langsung diungsikan di Wisma Kencana, Kelurahan Arcawinangun.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X