Selama Januari hingga Agustus 2022, Ditlantas Polda Jateng Sita 147.380 Knalpot Bronk

- Senin, 19 September 2022 | 18:59 WIB
Knalpot bronk yang tak sesuai standar disita dari para pengendara motor oleh Ditlantas Polda Jateng. /Humas Polda Jateng/
Knalpot bronk yang tak sesuai standar disita dari para pengendara motor oleh Ditlantas Polda Jateng. /Humas Polda Jateng/

SEMARANG, suaramerdeka-wawasan.com - Sebanyak 147.380 buah knalpot bronk yang tak sesuai standar dari para pengendara motor, disita Ditlantas Polda Jateng pada bulan Januari hingga Agustus 2022.

Dari hasil sitaan knalpot yang mengeluarkan suara bising itu, Polrestabes Semarang berhasil menindak pelanggar dari pengendara motor tertinggi, dengan menyita 9.503 knalpot bronk.

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi mengungkapkan, mereka yang memakai knalpot tidak sesuai ketentuan, melanggar pasal 285 ayat (1) UU no 22 tahun 2009 tentang lalu lintas, dan dapat dikenai kurungan paling lama satu (1) tahun.

Baca Juga: Permohonan Banding Ditolak KKEP, Ferdy Sambo Resmi Dipecat Polri

''Saya perintahkan kepada semua anggota jajaran di wilayah Jateng pada awal Januari tahun 2022 untuk 'zero knalpot bronk'.

Banyak masyarakat yang komplain terkait suara berisik dari knalpot motor,'' ungkap Luthfi, didampimpi Dirlantas Kombes Pol Agus Suryo Nugroho, dalam keterangannya pada Senin, 19 September 2022.

Seperti diketahui, knalpot bornk merupakan knalpot racing, yang memiliki struktur berbeda dibanding knalpot standar pada umumnya.

Baca Juga: Korban Tewas Pada Kecelakaan Beruntun di Tol Pejagan-Pemalang Anak Jamintel Kejagung

Kalau knalpot standar, menggunakan tabung sebagai jalur untuk mengalirkan gas sisa pembakaran pada mesin atau disebut dengan partition.

Sedang knalpot brong tidak menggunakan tabung atau partisi, sehingga tidak ada bagian yang berfungsi untuk memecah suara (peredam) agar tidak bising.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X