Kemenkes Minta Pasien Covid yang Mengalami Sesak Nafas, Saturnasi Oksigen Dibawah 94 Harus Ke Rumah Sakit

- Selasa, 27 Juli 2021 | 10:50 WIB
Ilustrasi isolasi mandiri. /PIXABAY
Ilustrasi isolasi mandiri. /PIXABAY

SEMARANG, suaramerdeka-wawasan.com - Kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap cara isolasi mandiri (Isoman) di rumah mengakibatkan kefatalan hingga meninggal dunia orang terpapar Covid.

Hingga saat ini masyarakat belum mengetahui secara persis penanganan Covid-19 dalam isolasi mandiri, karena sosialisasi Isoman masih minim.

Dalam hal ini peran dari masyarakat lingkungan, ketua RT hingga kelurahan perlu dioptmalkan dalam membantu penderita Covid-19 yang melakukan Isoman di rumah.

Baca Juga: Masih Asyik Curahkan Keluhan Terpaksa Diakhiri, Ganjar Berikan Nomor HP-nya ke Para Kades Banyumas

Kelurahan bersama Satgas Covid-19 tingkat kelurahan perleu melakukan sosialisasi yang gencar terhadap warga yang terpapar Cobid-19.

Penanganan penyebaran virus Covid-19 dengan sistem melakukan Isoman bila tidak tepat akan mengakibatkan kematian.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi mengungkapkan pengetahuan Isoman bagi masyarakat sangat penting.

Baca Juga: PPKM Level 3, Mal di 9 Daerah di Jateng Boleh Buka Hingga Pukul 17.00 WIB, Pengunjung 25 Persen

Menurut Siti Nadia, peran satgas Covid-19 tingkat kelurahan perlu lebih aktif mengawasi warga yang melakukan Isoman secara optimal.

Pengawasan, kata Siti Nadia, bisa dilakukan dengan cara darling, bagi yang rumah tidak layak, Satgas Covid-19 tingkat kelurahan perlu menjembatani untuk melakukan Isoman di rumah sakit atau tempat yang sudah disediakan pemerintah.

Halaman:

Editor: Kusmiyanto

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Terkini

X