Ketahuan Beli Solar Subsidi untuk Buldozer Proyek, Warga Sukoharjo Ditangkap Polisi

- Kamis, 8 September 2022 | 10:57 WIB
Polres Sukoharjo menyita barang bukti penyalahgunaan solar subsidi di Mapolres Sukoharjo. /Humas Polres Sukoharjo/
Polres Sukoharjo menyita barang bukti penyalahgunaan solar subsidi di Mapolres Sukoharjo. /Humas Polres Sukoharjo/

SUKOHARJO, suaramerdeka-wawasan.com - Ketahuan beli Solar subsidi di SPBU untuk operasional buldozer proyek, warga Sukoharjo berinisial W (51) ditangkap Polres Sukoharjo.

Kasat Reskrim Polres Sukoharjo, AKP Teguh Prasetyo mengatakan, tersangka ditangkap lantaran melakukan tindakan terkait penyalahgunaan BBM bersubsidi jenis Solar.

''Diketahui, pelaku menggunakan solar bersubsidi untuk mengisi BBM buldoser yang digunakan untuk proyek penataan lahan di kawasan Desa Pandeyan, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo,'' ungkap Teguh di Mapolres Sukoharjo, Rabu, 7 September 2022.

Baca Juga: Ayo Tetap Naik Bus Trans Semarang! Meski Harga BBM Naik, Tarif ke Segala Jurusan Enggak Naik Lurr

Menurut dia, alat berat seperti buldozer seharusnya tidak menggunakan BBM subsidi, tapi memakai BBM nonsubsidi seperti Pertamina Dex atau Dexlite.

''Modusnya, tersangka menyuruh karyawannya mengisi truk dengan solar bersubsidi. Lalu, Solar itu dipindahkan ke jeriken menggunakan selang, diisikan ke tangki buldozer,'' beber Teguh.

Dia mengatakan, tersangka merupakan otak dari penyalahgunaan BBM bersubsidi, sementara itu karyawannya tidak tahu apa-apa disuruh membeli bahan bakar minyak itu untuk keperluan buldozer.

Baca Juga: Rel Kereta Api Masih Aktif di Jalur Brebes Dicuri, Dua Pelaku Diringkus Polsek Losari

Teguh mengungkapkan, perbuatan ini sudah dilakukan tersangka berulang kali, hingga dia tertangkap tangan saat kepolisian melakukan razia penimbunan dan penyalahgunaan BBM subsidi.

''Kami menyita barang bukti berupa jeriken, selang, truk, motor untuk membawa jeriken ke buldoZer, buldozer, struk pembelian BBM bersubsidi, dan sisa solar 30 liter,'' terangnya.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X