Rel Kereta Api Masih Aktif di Jalur Brebes Dicuri, Dua Pelaku Diringkus Polsek Losari

- Kamis, 8 September 2022 | 10:38 WIB
Dua pelaku pencurian besi rel kereta api yang masih aktif antara Ciledug ke Ketanggungan, Kabupatan Brebes digelandang polisi ke Mapolsek Losari. /Dok Istimewa/
Dua pelaku pencurian besi rel kereta api yang masih aktif antara Ciledug ke Ketanggungan, Kabupatan Brebes digelandang polisi ke Mapolsek Losari. /Dok Istimewa/

BREBES, suaramerdeka-wawasan.com - Dua pelaku pencurian besi rel kereta api yang masih aktif di jalur cadangan, diringkus Polsek Losari Polres, Brebes, Jawa Tengah.

Kanit Reskrim Polsek Losari, Iptu Tasudin menjelaskan, dua pelaku tersebut adalah Raskim (52), warga Desa Gabus, Kecamatan Gabus Wetan, Kabupaten Indramayu; dan Karmidi (52), warga Desa Rungkang, Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes.

''Kedua pelaku yang ditangkap di dua tempat berbeda itu, memotong rel kereta aktif. Jalur cadangan, tapi masih sering dipakai,'' ungkap Tasudin dalam keterangan kepada wartawan, Rabu, 7 September 2022.

Baca Juga: Tinggal Satu Jenazah Korban Kecelakaan di Tol Batang Belum Diambil Keluarganya, Ini Ciri Cirinya

Menurutnya, dua orang pelaku ini mencuri besi rel di jalur kereta api antara Ciledug-Ketanggungan KM 259+/01, Desa Rungkang, Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes, pada Selasa malam, 6 September 2022 sekira pukul 23.00 WIB.

Tidak taggung-tanggung, katanya, yang dicuri adalah batang rel kereta cadangan, padahal merupakan rel aktif yang kerap digunakan dalam kondisi tertentu.

Kasus tersebut, paparnya, pertama kali diketahui oleh warga yang melihat adanya rel kereta terpotong, sehingga temuan itu dilaporkan kepada petugas PT. KAI dari Daop 3 Cirebon.

Baca Juga: Berjalan di Tepi Rel, Seorang Pria Tewas Tersambar KA di Pintu Perlintasan Muktiharjo Kidul Kota Semarang

''Pelaku lantas diburu warga dan petugas PT. KAI, kepergok di jalan saat menggotong besi rel kereta api. Kedua pelaku pun kabur, tapi lantaran seorang pelaku sudah dikenal warga setempat bernama Karmidi, kami menangkapnya,'' ungkapnya.

Tasudin mengatakan, hasil dari keterangan Karmidi, dilakukan pengembangan dan menyasar ke Raskim, pelaku lainnya yang merupakan warga Indramayu.

''Kami saat itu juga langsung memburu Raskim, yang tengah tertidur lelap di rumah kontraknya di Ciledug, Cirebon. Kedua pelaku, kemudian kami bawa ke Mapolsek Losari untuk menjalani pemeriksaan,'' jelasnya.

Baca Juga: Penyanyi Cilik Farel Prayoga Joget dan Nyawer Pengamen Cantik, Jadi Perhatian Warganet

Dari keterangan para pelaku, sambungnya, sudah melakukan pencurian sebanyak lima kali, sehingga diperkirakan PT KAI mengalami kerugian sekira Rp30,8 juta.

Tasudin menyebutkan, selain menahan kedua tersangka pencurian rel, pihaknya juga menyita sejumlah barang bukti, seperti satu unit sepeda motor termasuk dua batang besi rel kereta.

''Pelaku mengaku sudah lima kali mencuri. Akibat perbuatannya, tersangka dijerat Pasal 363 pencurian dengan pemberatan yang ancaman hukumannya maksimal 7 tahun penjara,'' pungkasnya.***

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X