Enaknya Warga Solo! Selain Ada Bantuan Pemerintah Pusat, Gibran Anggarkan Bansos dari DAU

- Selasa, 6 September 2022 | 16:29 WIB
Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka. /Dok Istimewa/
Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka. /Dok Istimewa/

SOLO, suaramerdeka-wawasan.com - Mengantisipasi kenaikan harga BBM (bahan bakar minyak) subsidi, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, menyiapkan dana Rp4,2 miliar sebagai bantuan sosial.

Menurut putra sulung Presiden Joko Widodo itu, sesuai instruksi Menteri Dalam Negeri, dana tersebut dialokasikan untuk ojek hingga pelaku UMKM.

''Dana bansos tersebut, diperkirakan akan dibagi untuk 7.000 penerima, sedang anggaran diambilkan sebesar 2 persen dari Dana Alokasi Umum (DAU),'' jelas Gibran kepada wartawan di Balai Kota Solo, Selasa, 6 September 2022.

Baca Juga: Terkait Kenaikan Harga BBM Subsidi, Polda Jateng Siap Lakukan Antisipasi Pengamanan

Ia menyebutkan, besaran 2 persen dari DAU itu sekira Rp4,2 miliar, sehingga masing-masing menerima Rp600 ribu dengan jumlah penerima 7.000, meskipun masih mungkin bertambah.

Terkait detail pembagian bantuan, Gibran mengaku, masih akan dibahas dalam rapat.

Yang jelas, katanya, dalam waktu dekat terlebih dahulu membagikan bantuan lain dari Pemerintah Pusat, yakni Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan Bantuan Subsidi Upah (BSU).

Baca Juga: Seluruh Daerah di Indonesia Berstatus PPKM Level 1, Diperpanjang hingga 3 Oktober 2022

''Untuk DAU masih kita rapatkan, itu untuk Oktober. Kita fokus dulu untuk BLT, sama BSU untuk pekerja berpenghasilan di bawah Rp 3,5 juta,'' paparnya.

Dia mengimbau, agar masyarakat bijak menggunakan dana bansos tersebut, agar masyarakat menggunakan untuk membeli kebutuhan pokok.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X