Awas Hati-hati yang Pernah Suap Bupati Pemalang. KPK Tengah Selidiki Aliran Dananya

- Senin, 5 September 2022 | 18:24 WIB
Ilustrasi KPK
Ilustrasi KPK

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) terus mengembangkan kasus dugaan suap yang diterima Bupati nonaktif Pemalang, Mukti Agung Wibowo (MAW). KPK saat ini diketahui masih menelusuri aliran dana yang diduga diterima MAW.

Sebanyak lima saksi, Jumat, 2 September 2022, lalu diperiksa KPK. Pemeriksaan dugaan jual beli jabatan di lingkungan pemerintahan Kab Pemalang ini berlangsung di Polres Pemalang.

"Seluruh saksi hadir dan didalami pengetahuannya. Kami antara lain menanyakan dengan dugaan adanya aliran uang untuk tersangka MAW dari pemberian beberapa ASN yang akan dipromosikan untuk jabatan tertentu," ungkap Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri dalam keterangannya, Senin, 05 September 2022.

Baca Juga: Wakil Bupati Diperiksa KPK sebagai Saksi di Mapolres Pemalang, Termasuk Sejumlah Pejabat

Kelima saksi yang diperiksa penyidik di antaranya, Patoni selaku Kepala Pasar Pemalang, Waluyo sebagai Camat Bantar Bolang, Misdiyanto sebagai PNS. Kemudian, Danny selaku driver atau staf bagian umum Sekda Pemalang serta seorang wiraswasta atas nama AB Yulianto alias Bagun.

Menurut Ali, KPK memang juga tengah mengusut dugaan penerimaan uang untuk tersangka MAW dari pihak swasta dalam kasus dugaan suap jual-beli jabatan di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

"Dikonfirmasi pula adanya penerimaan uang dari pihak swasta untuk tersangka MAW," sambungnya tentang pemeriksaan Bangun ini.

KPK total menetapkan enam tersangka; yang dua di antaranya ialah sebagai penerima, yakni MAW dan Adi Jumal Widodo (AJW) dari pihak swasta atau Komisaris PD Aneka Usaha (PD AU).

Baca Juga: KPK: Bupati Pemalang Diperkirakan Terima Suap Hingga Rp 4 M

Sementara itu, empat tersangka selaku pemberi suap ialah penjabat (Pj.) Sekda Kabupaten Pemalang Slamet Masduki (SM), Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pemalang Sugiyanto (SG), Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Pemalang Yanuaris Nitbani (YN), dan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Pemalang Mohammad Saleh (MS).

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

X