Polres Temanggung Tangkap Dua Pelaku Penimbunan Solar, Rugikan Negara hingga Rp2,7 Miliar

- Kamis, 1 September 2022 | 21:39 WIB
Polres Temanggung menyita truk yang digunakan mengangkut Solar untuk ditimbun. /Dok Humas Polres Temanggung/
Polres Temanggung menyita truk yang digunakan mengangkut Solar untuk ditimbun. /Dok Humas Polres Temanggung/

TEMANGGUNG, suaramerdeka-wawasan.com - Polres Temanggung mengungkap praktik penimbunan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis Solar, dengan barang bukti hingga 8 ribu liter atau 8 ton.

Kapolres Temanggung, AKBP Agus Puryadi mengatakan, modus pelaku adalah dengan membeli Solar subsidi di SPBU menggunakan truk, yang telah dimodifikasi.

''Dua pelaku penimbunan ditangkap yakni, AR (48) dan GS (44), keduanya warga Lingkungan Madureso, Kabupaten Temanggung,'' jelas Agus saat konferensi pers di Mapolres Temanggung, Kamis, 1 September 2022.

Baca Juga: Polres Pati Gagalkan Upaya Penjualan BBM Bersubsidi, Barang Bukti Solar 1,8 Ton Disita

Menurut Agus, kedua pelaku ditangkap saat berada di gudang wilayah Sroyo, Madureso, Temanggung pada Kamis, 25 Agustus 2022.

Ia mengatakan, sebanyak 8.000 liter Solar ditemukan berada di 8 bak penampungan, yang sering disebut kempu, dengan masing-masing kempu berisi 1.000 liter.

''Barang bukti yang diamankan ini nantinya akan dilelang. Hasil lelang tersebut akan dijadikan barang bukti berupa uang,'' papar Agus.

Baca Juga: Kabar Duka! Istri Ulama NU dan Tokoh PPP Almarhum Maimoen Zubair, Heni Maryam Meninggal Dunia

Modus pelaku, kata Agus, mendatangi beberapa SPBU dan membeli solar seharga Rp300 ribu dengan armada truk, setelah diisi kemudian menuju SPBU berikutnya.

Dijelaskan, truk yang digunakan pelaku ternyata sudah dimodifikasi, hingga mampu diisi 1.000 liter Solar.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X