Polres Pati Ringkus Pencuri Dokumen, Modusnya Tersangka Kelabuhi Petugas

- Selasa, 30 Agustus 2022 | 21:18 WIB
Kapolres Pati, AKBP Christian Tobing, memberikan keterangan pers di Mapolres, Selasa, 30 Agustus 2022, terkait pencurian dokumen di DPRD dan sejumlah instansi. /Humas Polres Pati/
Kapolres Pati, AKBP Christian Tobing, memberikan keterangan pers di Mapolres, Selasa, 30 Agustus 2022, terkait pencurian dokumen di DPRD dan sejumlah instansi. /Humas Polres Pati/

PATI, suaramerdeka-wawasan.com - Pencuri dokumen di kantor DPRD, Disperindag, dan Satpol PP di Kabupaten Pati, akhirnya berhasil diringkus Polisi.

Kapolres Pati, AKBP Christian Tobing mengatakan, pelaku berinisial JHK (44), mencuri dokumen penting dengan modus operandi mengelabuhi petugas telah mendapat izin dari pimpinan.

''Tersangka dibantu tiga orang lainnya, yang masih berstatus saksi,'' jelas Tobing dalam konferensi pers di Mapolres Pati, Selasa, 30 Agustus 2022.

Baca Juga: Rekonstruksi Kasus Pembunuhan Brigadir J, Dilakukan Sebanyak 78 Adegan Reka Ulang

Menurut Tobing, saat melakukan pencurian, tersangka mengaku telah mendapatkan izin dari pimpinan dari kepala dan anggota, untuk masuk ke dalam ruangan mengambil dokumen.

''Habis itu dijual, dan hasilnya untuk kebutuhan sehari-hari. Barang bukti limbah dokumen seberat 710 kilogram berkas dokumen penting. Kemudian ada timbangan, ada juga kendaraan,'' ungkapnya.

Tobing menjelaskan, tersangka melakukan pencurian dokumen penting di sejumlah kantor tersebut sejak 5-24 Agustus 2022, sempat melarikan diri ke luar daerah Pati, akhirnya berhasil ditangkap.

Baca Juga: Disdikbud Kabupaten Batang Prihatin Kasus Pencabulan, Tersangka Ngaku Cabuli 30 Siswi

Dikatakan, tersangka mendekam di Mapolres Pati guna pemeriksaan lebih lanjut, untuk didalami kemungkinan aksi tersangka mengarah motif politik.

''Tersangka mengakui sementara dokumen itu untuk dijual. Kemungkinan ke depan akan diperiksa apa motif pelaku. Tersangka dijerat Pasal 362 KUHP dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara,'' tegas Tobing.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X