Zona Merah di Jateng Tinggal 19 Daerah, Kota Semarang Tertinggi Kasus Aktif Covid-19

- Rabu, 14 Juli 2021 | 19:15 WIB
Ilustrasi Covid-19./Pikiran Rakyat.com/
Ilustrasi Covid-19./Pikiran Rakyat.com/

SEMARANG, suaramerdeka-wawasan.com - Zona merah Jateng berkurang dari sebelumnya 25 daerah, menjadi 19 kabupaten/kota.

Daerah yang masih berisiko tinggi atau Zona merah Jateng yakni Klaten, Kota Semarang, Purworejo, Kendal, Batang, Kabupaten Semarang, Banjarnegara, Temanggung, Wonosobo, Brebes, Pati, Rembang, Kota Pekalongan, Sukoharjo, Kebumen, Kota Tegal, Pemalang, Karanganyar, dan Sragen.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menjelaskan, jika untuk kasus aktif tertinggi terjadi di Kota Semarang (1.852 kasus), Klaten (1.554 kasus), Banjarnegara (1.415 kasus), Kendal (1.349 kasus) dan Kebumen (1.251 kasus).

Baca Juga: Anggota DPR Minta ICU Khusus Covid-19, Epidemiolog UI: Kenapa Gak Minta Pastikan Dapat Pemakaman Layak?

”Sementara untuk kasus baru tertinggi terdapat di Semarang, Pemalang, Kendal, Klaten dan Banjarnegara,” ungkap Ganjar, Selasa 13 Juli 2021.

Untuk angka keterisian tempat tidur di rumah sakit atau bed occupancy rate (BOR), Ganjar mengatakan, saat ini sudah cukup bagus. BOR ICU yang sempat tinggi pada minggu lalu, saat ini sudah turun di angka 77,83 persen. Sementara tempat tidur isolasi juga turun menjadi 85,07 persen.

”BOR-nya membaik. Kemarin kami sempat deg-degan, maka saya minta teman-teman bupati/wali kota menambah ruang ICU dan isolasi. Sekarang sudah membaik, tapi saya tetap meminta dilakukan penambahan dan dibuat skenario dukungan rumah sakit darurat,” terangnya.

Baca Juga: Gibran Rakabuming Raka Positif Covid-19, Isoman Nekat Kerja 24 Jam untuk Warga Solo

Selain persoalan zona merah Jateng, Ganjar juga mengatakan pihaknya terus mengupayakan pemenuhan oksigen dan obat-obatan.

Untuk oksigen, pihaknya telah membuat Satgas oksigen dan meminta seluruh rumah sakit punya person in charge (PIC) yang mengurus soal itu.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Sumber: Info SemarangRaya.com

Tags

Terkini

X