Baru Pasar Hewan Jelok di Boyolali yang Dibuka Pemkab, Statusnya Uji Coba

- Senin, 29 Agustus 2022 | 12:40 WIB
Kondisi Pasar Hewan Jelok, Cepogo, Kabupaten Boyolali, sebelum dibuka disemprot disinfektan oleh petugas PMI pada Minggu sore 28 Oktober 2022. /Dok Istimewa/
Kondisi Pasar Hewan Jelok, Cepogo, Kabupaten Boyolali, sebelum dibuka disemprot disinfektan oleh petugas PMI pada Minggu sore 28 Oktober 2022. /Dok Istimewa/

BOYOLALI, suaramerdeka-wawasan.com - Setelah beberapa waktu ditutup, Pemkab (Pemerintah Kabupaten) Boyolali melakukan uji coba pembukaan Pasar Hewan Jelok, Cepogo, pada Senin, 29 Agustus 2022.

Seperti diketahui, seluruh pasar hewan di Boyolali ditutup, terkait merebaknya penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak, yang dikhawatirkan menular, baik terhadap hewan ternak lokal maupun asal daerah lain.

Kepala UPT Pasar Hewan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Diperindag) Boyolali, Sapto Hadi Darmono mengatakan, meski pasar hewan telah dibuka, namun tetap diterapkan persyaratan yang harus dipenuhi para pedagang.

Baca Juga: Hasil Borneo FC Vs Persis Solo. Rasiman Minta Maaf dan Bertanggungjawab Penuh Atas Kekalahan Timnya

''Uji coba pembukaan pasar hewan akan dilaksanakan di Pasar Hewan Jelok di Kecamatan Cepogo,'' jelas Sapto dalam keterangannya kepada wartawan.

Menurut Sapto, karena masih status uji coba, maka ada batasan-batasannya, dengan diterapkan sejumlah ketentuan yang harus dipatuhi para pedagang dan pengunjung pasar.

Antara lain, sambungnya, pasar dibuka mulai pukul 07.00 WIB sampai 15.00 WIB, sedang ternak yang dibawa ke pasar adalah yang sehat.

Baca Juga: Liga SSB Jawa Tengah 2022 Usai. Badan Liga Jawa Tengah Berharap ke Depan Lebih Banyak Sponsor

''Asal ternak dari lokal wilayah Kabupaten Boyolali dan pedagang yang masuk ber-KTP Boyolali,'' tandas Sapto.

Selain itu, katanya lagi, kendaraan angkut berpelat nomor Kabupaten Boyolali, serta para pengunjung pasar dan pedagang juga harus mematuhi protokol kesehatan.

''Ternak yang masuk ke pasar akan dilakukan penyemprotan dan kakinya dicelupkan (disinfektan). Setiap ternak yang masuk pasar harus membayar retribusi yang ditentukan,'' imbuhnya.

Baca Juga: Walikota Semarang Perkenalkan Lima Tempat Nongkrong yang Recommended. Yuk Simak

Sebelumnya, untuk persiapan ujicoba pembukaan ini, lingkungan Pasar Hewan Jelok juga dilakukan penyemprotan disinfektan oleh petugas PMI Boyolali pada, Minggu sore, 28 Agustus 2022.

Sementara itu Bupati Boyolali, M Said Hidayat mengatakan, pihaknya mendengar aspirasi dari masyarakat khususnya para pedagang sapi, sehingga pembukaan Pasar Hewan Jelok sifatnya masih uji coba.

''Kita fokuskan (hanya untuk ternak lokal), dan nanti kita evaluasi. Doa kita ketika perkembangan semakin baik ke depan, evaluasi yang berjalan, penerapan SOP yang berlaku di Pasar Hewan Jelok nantinya berjalan baik,'' kata Said.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X