Suap yang Diterima Bupati Pemalang MAW Jadi Rp 6,1 miliar

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 21:40 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri memberikan keterangan pers (tangkapan layar)
Ketua KPK Firli Bahuri memberikan keterangan pers (tangkapan layar)

SEMARANG, suaramerdeka-wawasan.com - Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) menduga Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo (MAW) menerima suap tidak hanya Rp 4 miliar, tapi bahkan sampai sebesar Rp 6,1 miliar.

Membengkaknya angka itu karena ada sejumlah uang yang diberikan oleh pihak swasta, terkait pengadaan barang, yang jumlahnya sekitar Rp 2,1 miliar.

"Diduga MAW melalui AJW ( Adi Jumal Widodo ) telah menerima sejumlah uang dari beberapa ASN di Pemkab Pemalang maupun dari pihak lain terkait pemenuhan posisi jabatan di Pemkab Pemalang. Jumlah seluruhnya sekitar Rp 4 miliar," kata Ketua KPK Firli Bahuri dalam jumpa pers, di Gedung KPK, Jakarta, Jumat, 12 Agustus 2022.

Baca Juga: KPK: Bupati Pemalang Diperkirakan Terima Suap Hingga Rp 4 M

Jumpa pers Firli ini diunggah di channel YouTube KPK. Terlihat MAW dan AJW di tempatkan dibelakang Firli sedangkan yang lain di depannya.

"MAW juga diduga telah menerima uang dari pihak swasta lainnya terkait jabatannya selaku Bupati sejumlah sekitar Rp2,1 miliar, dan hal ini akan terus didalami lebih lanjut oleh KPK," lanjut Firli. jadi bisa saja jumlah itu bertambah.

Uang sebanyak itu, lanjutnya, diterima MAW melalui AJW dari pihak swasta/Komisaris PD Aneka Usaha (AU). Selanjutnya dipergunakan untuk berbagai keperluan pribadi MAW.

Sebagai penerima ialah MAW dan AJW. Sedangkan sebagai pemberi, yaitu Penjabat Sekda Kabupaten Pemalang Slamet Masduki (SM), Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pemalang Sugiyanto (SG).

Lalu ada Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Pemalang Yanuaris Nitbani (YN), dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Pemalang Mohammad Saleh (MS).

Baca Juga: KPK: Orang Pemalang yang Ditangkap Jadi 34 Orang. Berapa Jumlah Uangnya?

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

X