Embun Es Muncul Lagi di Dataran Tinggi Dieng, Wisatawan Mulai Menunggu Datangnya Fenomena Alam Ini

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 15:41 WIB
Ilustrasi embun es di Dataran Tinggi Dieng. /Dok Istimewa/
Ilustrasi embun es di Dataran Tinggi Dieng. /Dok Istimewa/

BANJARNEGARA, suaramerdeka-wawasan.com - Embun es atau oleh masyarakat sekitar Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, disebut bun upas muncul lagi pada Jumat pagi, 5 Agustus 2022.

Fenomena alam yang memperlihatkan keindahan alam, saat titik embun yang menempel di dedaunan berubah menjadi es itu menjadi buruan para wisawatan di kompleks Candi Arjuna.

Biasanya, saat musim kemarau justru fenomena alam itu muncul, terutama saat akhir pekan, wisatawan akan memadati Dataran Tinggi Dieng, untuk menunggu munculnya embun es yang disertai suhu udara dingin sekali.

Baca Juga: Ingin Merasakan Sambal Ganja Aceh? Dibagikan Gratis Lho, di Solo Indonesia Culinary Festival

Tentu saja, tak setiap hari embun es itu muncul, namun bisa dipastikan jika pada pagi hari suhu udara mencapai minus derajat Celcius, titik-titik embun akan berubah menjadi es.

''Pagi tadi embun di sekitar kompleks Candi Arjuna juga kembali membeku,'' kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dieng, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjarnegara, Sri Utami, dalam keterangan kepada wartawan, Jumat 5 Agustus 2022.

Pembuat alat pengukur suhu udara Dieng, Aryadi Darwanto mengatakan, suhu udara pada Jumat pagi, 5 Agustus 2022 suhu udara turun hingga minus 1,32 derajat celsius, bahkan sudah terjadi sejak pukul 00.36 WIB.

Baca Juga: Ayu Ting Ting Betah Menjanda, Diledek Anaknya: Udah Gede Masih Jomblo

''Pagi ini suhu permukaan tanah di kompleks Candi Arjuna Dieng minus 1,32 derajat celsius. Bahkan proses pembekuan embun sudah terjadi sejak malam, sekitar pukul 00.36 WIB,'' jelas Aryadi.

Ia mengatakan, embun es pagi di Dataran Tinggi Dieng ini tercatat sebagai embun es yang ketujuh pada tahun 2022, sedangkan di bulan Agustus 2022 ini tercatat sudah dua kali terjadi embun es.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

Bupati Pemalang Ditangkap Atas Dugaan Suap. Apa Saja?

Jumat, 12 Agustus 2022 | 12:02 WIB

Bupati Pemalang Dikabarkan Terjaring OTT KPK

Kamis, 11 Agustus 2022 | 22:58 WIB
X