Waspadai Uang Palsu Lurr! Pembuatnya Cetak Upal 19 Juta Semalam, Sudah Dilakukan Sembilan Bulan

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 16:59 WIB
Dirreskrimum Kombes Pol Djuhandani, menunjukkan barang bukti uang palsu saat konferensi pers di Mapolda Jateng, Semarang, Selasa, 2 Agustus 2022. /Humas Polda Jateng/
Dirreskrimum Kombes Pol Djuhandani, menunjukkan barang bukti uang palsu saat konferensi pers di Mapolda Jateng, Semarang, Selasa, 2 Agustus 2022. /Humas Polda Jateng/

SEMARANG, suaramerdeka-wawasan.com - Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan, pihaknya akan bekerja sama dengan pemangku kebijakan untuk mengecek peredaran uang palsu (Upal) di Jawa Tengah.

Ia pun meminta, masyarakat melapor jika menemukan adanya uang palsu, terkait penangkapan tersangka pembuat uang palsu oleh jajaran Polres Temanggung.

Menurut Luthfi, ke depan akan bekerja sama dengan jajaran BI (Bank Indonesia) dengan OJK, terkait dengan peredaran uang palsu di wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga: Dewi Perssik Makin Terbuka Masalah Perceraiannya, Ngaku Sering Ribut Soal Finansial

''Biasanya, saat-saat menjelang kebutuhan masyarakat meningkat modus operandi uang palsu ini marak di masyarakat kita.

Oleh karena itu kita imbau agar masyarakat berhati-hati,'' jelas Luthfi dalam keterangan pers pengungkapan uang palsu di Mapolda Jateng, Semarang, Selasa, 2 Agustus 2022.

Di kesempatan yang sama, Dirreskrimum Polda Jateng Kombes Pol Djuhandani menyebut, para pelaku bisa mencetak uang palsu hingga Rp 19 juta per malam, yang diduga uang palsu itu juga sudah beredar luas.

Baca Juga: Kasus Khilafatul Muslimin Dilimpahkan Kejaksaan, Dijerat Pasal Penyebaran Berita Bohong dan Makar

''Jadi berdasarkan pemeriksaan yang sudah ada di Polres Temanggung, pelaku mampu mencetak antara 10 juta sampai 19 juta setiap malam, jadi mereka bekerja di malam hari,'' katanya.

Djuhandani mengungkapkan, prediksi yang beredar sudah sembilan bulan operasional, sehingga jumlah uang palsu lumayan banyak.'

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X