Masuki Musim Kemarau, Desa di Kabupaten Grobogan Mulai Dilanda Kekeringan

- Senin, 1 Agustus 2022 | 20:13 WIB
PMI Grobogan menyalurkan air bersih ke Desa Monggot, Geyer, Grobogan, Jateng. /Dok PMI  Grobogan/
PMI Grobogan menyalurkan air bersih ke Desa Monggot, Geyer, Grobogan, Jateng. /Dok PMI Grobogan/

PURWODADI, suaramerdeka-wawasan.com - Memasuki musim kemarau, Dusun Ngasem, Desa Monggot, Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan, mulai mengalami krisis air bersih.

Wilayah yang pertama di Kabupaten Grobogan dilanda kekeringan itu, sudah dikirim PMI setempat air bersih sesuai dengan permintaan pada Kamis lalu, 28 Juli 2022.

Kasi Pelayanan PMI Grobogan, Gesit Kristyawan mengungkapkan, penyaluran air bersih itu merupakan pertama, ke wilayah yang sudah mengalami krisis air bersih.

Baca Juga: 10 Atlet Para Renang APG di Semarang Positif Covid 19, Gibran: Sudah Sesuai SOP, Memang Masih Pandemi

''Karena mintanya ke PMI, jadi yang menyalurkan PMI, bukan BPBD. Itu desa yang pertama meminta bantuan air bersih,'' jelas Gesit dalam keterangannya pada Senin, 1 Agustus 2022.

Ia menjelaskan, pihaknya kini masih memiliki stok 49 tangki air bersih, yang siap disalurkan kepada masyarakat di Kabupaten Grobogan yang membutuhkan.

Jumlah itu, katanya lagi, bisa bertambah bila ternyata nantinya banyak desa yang membutuhkan.

Baca Juga: Dua Orang Penguras Sumur di Cilacap Meninggal, Hirup Gas Beracun dari Asap Mesin Diesel

Lebih lanjut, Gesit menyatakan, pihaknya selalu menjalin koordinasi dengan BPBD Grobogan, ketika nantinya ada desa yang meminta bantuan air bersih.

''Kami selalu bersinergi dengan BPBD, karena kan sudah punya peta desa mana saja yang berpotensi kekeringan, kami juga dibagikan datanya,'' imbuhnya.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X