Wisatawan Mulai Padati Kawasan Dieng saat Akhir Pekan, Tunggu Fenomena Alam Munculnya Embun Upas

- Minggu, 31 Juli 2022 | 22:23 WIB
Ilustrasi embun upas. /Dok Istimewa/
Ilustrasi embun upas. /Dok Istimewa/

BANJARNEGARA, suaramerdeka-wawasan.com - Selama bulan Juli 2022, fenomana alam embun es yang dikenal masyarakat dengan sebutan embun upas, muncul tiga kali di Kawasan Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Tercatat pada bulan Juli 2022, embun upas muncul pada tanggal 25, 26 dan pada 31 Juli 2022, yang setiap kali kemunculannya memiliki kriteria berbeda-beda.

Kepala UPT Dieng Kulon, Sri Utami mengatakan, kemunculan embun upas pada Minggu, 31 Juli 2022, tergolong tipis jika dibandingkan dengan pada tanggal 25 dan 26 Juli 2022 lalu.

Baca Juga: Curi Kotak Kebersihan Masjid Kepergok Warga, Pelaku Babak Belur Dihajar Massa

Menurut dia, pada Selasa, 25 Juli 2022, embun upas muncul di sekitar kompleks Candi Arjuna Dieng, kemudian keesokan harinya juga muncul lagi pada Rabu, 26 Juli 2022.

''Hari ini (Minggu, 31 Juli 2022) muncul lagi meskipun tipis. Sebelumnya juga muncul dua hari berturut-turut,'' kata Sri Utami kepada wartawan.

Ia menjelaskan, saat embun upas itu turun, suhu permukaan Dieng pada pagi hari tercatat mencapai 0 derajat Celcius.

Baca Juga: Dua Korban Meninggal Kecelakaan di Tol Boyolali, Orangtua Gitaris Band Mahadewa Vega Antares

''Pagi tadi kami memantau suhu 0 derajat Celcius, tidak sedingin beberapa waktu lalu pada saat embun upas muncul sebelumnya,'' ujarnya.

Dia pun mengatakan, kemunculan embun upas di akhir bulan ini bertepatan dengan akhir pekan, sehingg, banyak wisatawan yang berkesempatan menyaksikannya, dan merasakan dinginnya suhu Dataran Tinggi Dieng.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X