Sempat Terhenti saat pandemi Covid 19, Masyarakat Antusias Menyaksikan Kirab Buka Luwur Sunan Kudus

- Minggu, 31 Juli 2022 | 19:44 WIB
Para peserta kirab Buka Luwur Sunan Kudus berjalan beriringan menuju Menara Kudus. /Dok Istimewa/
Para peserta kirab Buka Luwur Sunan Kudus berjalan beriringan menuju Menara Kudus. /Dok Istimewa/

KUDUS, suaramerdeka-wawasan.com - Kirab Buka Luwur Sunan Kudus yang juga mengikutkan seekor kerbau bule, mengusung puluhan gunungan hasil bumi diikuti ribuan peserta pada Minggu, 31 Juli 2022.

Masyarakat sangat antusias menyaksikan kirab yang sempat dua tahun diselenggarakan lantaran pandemi Covid 19, mulai dari depan Kantor Bupati Kudus sejak pukul 13.00 WIB

Acara dibuka langsung oleh Bupati Kudus, HM Hartopo, dengan secara seremonial menyerahkan seekor kerbau bule untuk Menara Kudus, serta pusaka milik Pemkab Kudus yang juga diserahkan kepada peserta kirab.

Baca Juga: Dukun Pengganda Uang Diringkus Polres Sragen, Janji Bohong Uang Rp8 Juta Jadi Rp450 Juta

Setelah dilepas Bupati Kudus dari pendapa Kabupaten Kudus, ribuan peserta berjalan menuju Menara Kudus, dengan rute dari kawasan alun-alun simpang tujuh berjalan ke Jalan Sunan Kudus, dan finis di depan Menara Kudus.

Ketua Panitia Kirab, Abdul Jalil mengatakan, tahun ini diikuti ribuan orang yang merupakan pengurus punden dan belik di Kudus, dengan membawa gunungan hasil bumi yang diserahkan kepada salah satu Wali Sanga, Sunan Kudus.

''Kami hanya mengikutkan pengurus punden sebanyak 10 persen, kira-kira ada 64 punden dan belik yang tersebar sembilan kecamatan, sehingga totalnya peserta kirab dua ribuan,'' terang Jalil, dalam sambutan di Pendapa Kabupaten Kudus.

Baca Juga: Apakah Kendaraanmu Beres Pajaknya? Nunggak Dua Tahun Jadi Bodong Lho!

''Mereka membawa gunungan yang akan dipersembahkan kepada Kanjeng Sunan Kudus,'' imbuh Jalil.

Ia menjelaskan, gunungan itu sebagai bentuk syukur dari masyarakat kepada Sunan Kudus, yang telah mendirikan Kabupaten Kudus.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X