Dukun Pengganda Uang Diringkus Polres Sragen, Janji Bohong Uang Rp8 Juta Jadi Rp450 Juta

- Minggu, 31 Juli 2022 | 16:15 WIB
Dukun pengganda uang yang diringkus Polres Sragen berikut barang buktinya saat konferensi pers di Mapolres. /Dok Istimewa/
Dukun pengganda uang yang diringkus Polres Sragen berikut barang buktinya saat konferensi pers di Mapolres. /Dok Istimewa/

SRAGEN, suaramerdeka-wawasan.com - Seorang dukun penggandaan uang dibekuk Polres Sragen, setelah dilaporkan oleh korbannya yang tertipu Rp8 juta ke Polsek Sidoharjo.

Kapolres Sragen AKBP Piter Yanottama melalui Kapolsek Sidoharjo AKP Harno, mengatakan, dukun pengganda uang yang dibekuk itu bernama Kasimin, warga Dukuh Pungkruk, Desa Plosokerep, Kecamatan Karangmalang, Sragen.

''Pelaku ditangkap, usai kedapatan menipu korbannya asal Sidoharjo senilai Rp8 juta, dengan iming-iming uang bisa berlipat ganda hingga sebesar Rp450 juta,'' jelas Harno dalam keterangannya pada Minggu, 31 Juli 2022.

Baca Juga: Apakah Kendaraanmu Beres Pajaknya? Nunggak Dua Tahun Jadi Bodong Lho!

Menurutnya, perbuatan dukun pengganda uang itu, sudah meresahkan masyarakat dan memakan korban, dengan dalih bisa melipatgandakan uang.

Ia menyebutkan, kejadian penipuan itu bermula pada tanggal 8 Juli 2022, setelah korban dan pelaku ini berkenalan di sebuah warung.

Saat itu, katanya, korban mengeluh punya banyak utang, dan pelaku menawarkan solusi untuk menggandakan uang, dengan syarat yang diajukannya, yaitu menyediakan uang pembelian dua ekor kambing untuk syukuran.

Baca Juga: Korban Kecelakaan Mobil Dinas Bakamla di Tol Boyolali Jadi Tiga Orang Meninggal, Ken Respati Susul Suaminya

''Akhirnya korban berhasil dibujuk, syaratnya menyiapkan uang Rp8 juta dengan dalih dipakai membeli dua ekor kambing sebagai persembahan syukuran penggandaan uang,'' papar Harno.

Dikatakan Harno, setelah uang dimasukkan kardus, pelaku kemudian meminta korban mengambil tanah dari halaman rumahnya untuk dicampur uang sebagai syarat ritual di rumah korban.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X