Dua Petugas Damkar Tercebur Got Dilarikan ke Rumah Sakit, Asap Masih Mengepul di Pabrik Pupuk Mranggen Demak

- Jumat, 22 Juli 2022 | 11:40 WIB
Asap kebakaran pabrik pupuk PT Saprotan Utama di Desa Bandungharjo, Mranggen, Demak, masih mengepul pada Jumat pagi, 22 Juli 2022. /Dok Istimewa/
Asap kebakaran pabrik pupuk PT Saprotan Utama di Desa Bandungharjo, Mranggen, Demak, masih mengepul pada Jumat pagi, 22 Juli 2022. /Dok Istimewa/

DEMAK, suaramerdeka-wawasan.com - Dua petugas pemadam kebakaran tercebur got yang mengandung bahan kimia saat memadamkan api di pabrik pupuk PT Saprotan Utama, Desa Bandungrejo, Mranggen, Demak, Kamis malam, 21 Juli 2022.

Akibat air got bercampur bahan kimia itu terminum, salah seorang petugas Damkar terpaksa menjalami perawatan di rumah sakit, sedang seorang petugas lagi hanya rawat jalan.

''Ada dua petugas Damkar yang mengalami kecelakaan, yang satu dirujuk ke Rumah Sakit Bhayangkara,'' ungkap salah satu TRC Tim Cepat BPBD Demak, Yulianto, di lokasi kejadian pada Jumat, 22 Juli 2022.

Baca Juga: Kebakaran Gudang Pabrik Pupuk di Mranggen Demak, Polisi Pastikan Tak Ada Korban Jiwa

Menurut Yulianto, kedua petugas Damkar yang tercebur got cukup dalam saat melakukan pemadaman, dan menjadi fatal saat air got yang bercampur bahan kimia itu masuk ke dalam mulut.

''Minum air kotoran bercampur kimia. Satu opname, satunya sesak nafas karena menghirup asap dari bahan kimia tadi,'' jelasnya.

Ia mengungkapkan, proses pemadaman kebakaran di pabrik pupuk itu memang berisiko tinggi, lantaran asap yang mengepul mengandung bahan-bahan kimia.

Baca Juga: Pabrik Pupuk Terbakar, Pasien RS Pelita Anugerah Mranggen Diungsikan

''Bahaya asapnya, karena ada campuran kimia, yang membahayakan paru-paru,'' katanya.

Hingga saat ini, petugas Damkar masih terus melakukan pendinginan agar api di pabrik pupuk itu tidak kembali menyala.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X