Update Banjir Pati. Ganjar: Pengungsi Tertangani, Tanggul Diminta Dikebut

- Sabtu, 16 Juli 2022 | 11:02 WIB
Lumpur sisa banjir bandang di Pati, terus dibersihkan
Lumpur sisa banjir bandang di Pati, terus dibersihkan

BREBES, suaramerdeka-wawasan.comGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan warga yang terdampak banjir sudah ditangani oleh tim di lapangan, dan ditampung di pengungsian. Namun ia meminta tim untuk secepatnya menuntaskan perbaikan tanggul sungai yang jebol.

Seperti diketahui, dua desa di Kecamatan Margoyoso, Pati, Jawa Tengah, diterjang banjir bandang hingga mengkanyutkan 22 rumah warga pada Kamis, 14 Juli 2022 lalu.

Banjir bandang itu menerjang beberapa desa, di antaranya Bulumanis Kidul, Sekar Jalak, Kajen, Cibolek Bulumanis Lor, dan Tunjungrejo.

Baca Juga: Usai Diterjang Banjir Bandang, Menyisakan Lumpur Setinggi 30 Cm di Dua Desa Kecamatan Margoyoso Pati

Data Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Pati di Desa Bulumanis Kidul, ada satu titik tanggul sungai yang jebol dengan panjang kurang lebih 25 meter. Akibatnya enam rumah hanyut, dan 11 rumah rusak ringan hingga berat.

Desa Tunjungrejo, sebanyak tujuh rumah warga lenyap tersapu banjir bandang setelah tanggul Sungai Sat jebol. Tujuh rumah lainnya mengalami rusak berat. Sementara itu, dilaporkan tidak korban jiwa akibat peristiwa ini.

Ganjar sendiri mengatakan pihaknya, masih terus memantau perkembangan bencana banjir di Kabupaten Pati itu.

 “Beberapa pengungsi untuk di-handle, dan kabupaten sudah siap. Tim sudah diturunkan sama bupati,’’ jelasnya saat ditemui usai menghadiri acara di Rest Area Heritage KM 260B, Banjaratma, Brebes, Jumat, 15 Juli 2022.

Tentang tanggul yang jebol, Ganjar menjelaskan, berdasarkan peta yang ada sebenarnya tidak terlalu sulit. “Sebenarnya dari peta yang ada tidak terlalu sulit. Tinggal mengirim alat beratnya ke sana. Dari BBWS kemarin sudah turun,” ungkapnya.

Ditambahkan, tim yang diterjunkan ke lapangan juga telah bergerak cepat untuk menangani banjir bandang di Kabupaten Pati.

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

X