Irigasi Kali Gandekan Kota Magelang Diduga Tercamar Limbah, Para Peternak Ikan Rugi Belasan Juta

- Jumat, 15 Juli 2022 | 15:42 WIB
Kondisi saluran irigasi Kali Gandekan, di Lingkungan Tidar Campur, Magelang Selatan, Kota Magelang, yang diduga tercemar limbah, Jumat, 15 Juli 2022. /Dok Istimewa/
Kondisi saluran irigasi Kali Gandekan, di Lingkungan Tidar Campur, Magelang Selatan, Kota Magelang, yang diduga tercemar limbah, Jumat, 15 Juli 2022. /Dok Istimewa/

MAGELANG, suaramerdeka-wawasan.com - Saluran irigasi Kali Gandekan di Kelurahan Tidar Selatan, Kota Magelang, diduga tercemar limbah yang mengakibatkan puluhan kuintal ikan mati, Jumat, 15 Juli 2022.

Ikan sebanyak itu milik warga peternak setempat, diduga tercemar limbah di air irigasi tersebut sehari sebelumnya pada Kamis, 14 Juli 2022 sekitar pukul 15.30 WIB.

Kondisi air di saluran irigasi Kali Gandekan yang dicemari limbah, terlihat berbuih dengan warna putih mirip busa sabun.

Baca Juga: Sopir Baru Kuras Tabungan Majikan Rp317,5 Juta, Gegara Kecanduan Judi Online

Hingga kini, buih putih masih terlihat di sekitar Lingkungan Tidar Campur dan Tidar Sawe, Kelurahan Tidar Selatan, Kecamatan Magelang Selatan, Kota Magelang.

''Ini (volume buih) sudah agak berkurang dibandingkan kemarin sore, sampaipenuh semua,'' kata warga Lingkunga Tidar Campur, Sugiarto.

Pencemaran Kali Gandekan juga berimbas terhadap usaha perikanan yang banyak digeluti warga sekitar.

Baca Juga: Distributor Telepon Seluler Sponsori PSIS Semarang, Yoyok Berharap Ada Lima Sponsor Lagi

Selain dimanfaatkan untuk pengairan sawah, Kali Gandekan juga dialirkan ke kolam-kolam budidaya ikan konsumsi.

Warga lainnya, Panggung Haryono (70 tahun), di tepi kolam ikan miliknya di Lingkungan Tidar Sawe, juga di depannya terdapat dua ember plastik penuh bangkai ikan nila.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X