Pesona Embun Es di Dataran Tinggi Dieng, Bikin Penasaran Wisatawan

- Sabtu, 2 Juli 2022 | 16:05 WIB
Sejumlah wisatawan berada di pelataran Candi Arjuna kawasan Dieng. /Dok Istimewa/
Sejumlah wisatawan berada di pelataran Candi Arjuna kawasan Dieng. /Dok Istimewa/

BANJARNEGARA, suaramerdeka-wawasan.com - Fenomena alam munculnya embun es di datarang tinggi Dieng yang sering juga disebut bun upas oleh masyarakat setempat, menjadi magnet bagi wisatawan.

Meski embun es tidak muncul setiap hari, nyaris setiap pagi buta wisatawan memadati kawasan wisata di dataran tinggi Dieng, seperti di pelataran Candi Arjuna.

Ya, namanya saja fenomena alam, tidak setiap hari para wisatawan itu bisa menemui embun es di dataran tinggi Dieng, yang menampilkan pesona saat pagi di tempat itu.

Baca Juga: Mantan TKW Jadi Bos Investasi Bodong, Korbannya Total Kena hingga Rp200 Miliar

Embun es atau bun upas ini memang tidak bisa diprediksi, karena hanya muncul saat suhu udara di dataran tinggi Dieng mencapai minus di bawah nol derajat celcius.

Dengan suhu udara sedingin itu, embun yang turun dan menempel di dedaunan saat pagi hari akan berubah menjadi titik-titik es, hingga terlihat mempesona.

Pada Sabtu pagi, 2 Juli 2022 ini misalnya, suhu udara di dataran tinggi Dieng tercatat hanya 5 derajat celsius, sehingga embun yang menempel di dedaunan tidak sampai membeku.

Baca Juga: Tak Usah Bingung Memperkirakan Bobot Sapi untuk Kurban, Gunakan Teori Schoorl dan Scheiffer

Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pengelolaan Wisata Dieng, Sri Utami, membenarkan pada Sabtu pagi ini embun tidak membeku, karena suhu udara sekitar 5 derajat celsius.

''Bagi wisatawan yang masih kurang beruntung, tidak apa masih banyak wisata yang bisa dikunjungi di Dieng,'' kata Sri Utami, dalam keteranganya pada Sabtu, 2 Juli 2022.

Wisatawan asal Semarang, Agus Arta mengaku, tidak kapok meski belum kesampaian melihat embun es di dataran tinggi Dieng, namun justru membuat penasaran.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

Bupati Pemalang Ditangkap Atas Dugaan Suap. Apa Saja?

Jumat, 12 Agustus 2022 | 12:02 WIB

Bupati Pemalang Dikabarkan Terjaring OTT KPK

Kamis, 11 Agustus 2022 | 22:58 WIB
X