Kawasan Pantai Kabupaten Cilacap Tercemar Ceceran Minyak, Warga Kumpulkan hingga Ratusan Jerigen dan Ember

- Selasa, 28 Juni 2022 | 17:35 WIB
Warga mengumpulkan ceceran minyak di pantai Kabupaten Cilacap untuk mengurangi dampak pencemaran di Dermaga T, Selat Nusakambangan, Selasa, 28 Juni 2022. /Dok Istimewa/
Warga mengumpulkan ceceran minyak di pantai Kabupaten Cilacap untuk mengurangi dampak pencemaran di Dermaga T, Selat Nusakambangan, Selasa, 28 Juni 2022. /Dok Istimewa/

CILACAP, suaramerdeka-wawasan.com - Kawasan pantai di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, tercemar ceceran minyak hingga air laut berwarna hitam pekat.

Kejadian tercemarnya kawasan pantai itu, diketahui oleh warga terjadi sejak Senin malam, 2 Juni 2022 sekira pukul 23.00 WIB.

Salah satu warga Kebon Sayur, Kelurahan Tambkareja, Kecamatan Cilacap, Selatan, Sugiarto (36) mengatakan, bersama rekan-rekannya mulai mengambil ceceran minyak di Dermaga T sejak Selasa pagi, 28 Juni 2022.

Baca Juga: Terkait Kasus Narkotika, DJ Joice Challista dan Tiga Kawannya Ditangkap Polisi di Kamar Kos

Namun, kata Sugiarto lagi, ada juga nelayan lainnya yang mulai mengumpulkan minyak sejak semalam.

''Saya ambil minyak dari tadi pagi. Tapi ada juga yang mengambil sejak semalam. Kurang tahu nanti mau diapain ini,'' katanya saat ditemui di lokasi, Selasa, 28 Juni 2022 dikutip dari suara.com.

Warga menduga, minyak berasal dari minyak mentah milik kapal PT Pertamina yang berada di area 70 perairan pantai Cilacap.

Baca Juga: Mulai 1 Juli 2022, Beli Pertalite dan Solar Harus Gunakan Aplikasi MyPertamina

Upaya warga langsung turun tangan mengambil minyak tersebut, bukan tanpa alasan, karena mereka khawatir air laut tercemar dan menyebabkan ikan mati.

''Kita komplain ke Pertamina saja. Dampaknya bakal besar, bisa menyebabkan ikan-ikan pada mati. Akan berpengaruh ke hasil tangkapan nelayan,'' terangnya.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

Bupati Pemalang Ditangkap Atas Dugaan Suap. Apa Saja?

Jumat, 12 Agustus 2022 | 12:02 WIB

Bupati Pemalang Dikabarkan Terjaring OTT KPK

Kamis, 11 Agustus 2022 | 22:58 WIB
X