Menginap di Kota Solo, Wajib Tunjukkan Hasil Tes Negatif Covid-19

- Rabu, 16 Juni 2021 | 17:07 WIB
Ilustrasi Hotel /Pixabay/Pikiran Rakyat
Ilustrasi Hotel /Pixabay/Pikiran Rakyat

SOLO, suaramerdeka-wawasan.com - Para tamu yang hendak menginap di hotel atau lokasi penginapan lain di Kota Solo, kini diwajibkan menunjukkan hasil negatif uji usap (swab) antigen atau Polymerase Chain Reaction (PCR).

Kebijakan itu, dimaksudkan menekan laju penularan Covid-19 dan tertuang dalam Surat Edaran (SE) Wali Kota Nomor 067/1869 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Mengoptimalkan Peran Satuan Tugas Tingkat Kelurahan untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kota Surakarta.

''Intinya kami perketat semua. Kami ingin ketatkan mobilitas masyarakat, terutama pengunjung dari luar kota yang termasuk zona merah,'' tandas Wali Kota Gibran Rakabuming Raka, Rabu (16/6).

Dalam SE yang berlaku hingga 28 Juni itu, disebutkan bahwa hotel, losmen, homestay dan sejenisnya dapat menerima tamu dengan kewajiban melampirkan hasil pemeriksaan swab antigen/PCR (negatif).

Hasil pemeriksaan itu diterapkan kepada setiap individu dan berlaku selama 2x24 jam.
Pengetatan ini sesuai instruksi gubernur dan menteri.

Menurut Gibran pengetatan mobilitas itu dirasa perlu mengingat ketersediaan tempat tidur rumah sakit di Solo terus menipis, dalam beberapa waktu belakangan.

''Kebanyakan dari warga luar kota, termasuk pasien bergejala yang diisolasi di Asrama Haji Donohudan juga dikirim ke Solo,'' terang Wali Kota.

Pemkot juga mengimbau warganya untuk mengurangi perjalanan, maupun aktivitas luar ruang yang tidak mendesak.

''Kalau mau hajatan atau perjalanan dinas, ya sebaiknya ditunda dulu. Tolong dikurangilah kegiatan-kegiatan semacam itu, karena selama ini kondisi (penularan virus korona) di Solo sudah cukup baik,'' kata Gibran.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Siti Wahyuningsih membeberkan, tingkat keterisian tempat tidur 16 rumah sakit rujukan Covid-19 di Solo meningkat hampir 10 persen dalam dua hari terakhir.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Sumber: SM Network

Tags

Terkini

X