Sebaiknya Bansos RTLH Menyasar Rumah Warga Pesisir Utara Terdampak Rob

- Sabtu, 25 Juni 2022 | 21:48 WIB
Banjir akibat rob yang menggenangi kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Senin, 20 Juni 2022. /Dok Istimewa/
Banjir akibat rob yang menggenangi kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Senin, 20 Juni 2022. /Dok Istimewa/

SEMARANG, suaramerdeka-wawasan.com - Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah, Sukirman, meminta, sebaiknya bantuan sosial perbaikan rumah tidak layak huni (RTLH) menyasar warga yang terdampak rob di sejumlah daerah.

Harapan itu disampaikan Sukirman menyusul tingginya rob di pesisir Jawa Tengah dan dampak yang ditimbulkan sangat besar dan merusak.

Saat ini, katanya, mayoritas daerah yang berada di kawasan Pantai Utara Jateng sangat rentan bencana rob.

Baca Juga: Tanggul Sungai Meduri Jebol Akibat Rob, Rumah Warga di Tiga Desa Kabupaten Pekolongan Kebanjiran

Di sini, kata dia, pemerintah perlu ikut memikirkan wilayah permukiman penduduk di wilayah pesisir yang selalu tergenang bencana rob. Menurut dia, kondisi itu juga bisa mengancam perekonomian masyarakat setempat.

Sejak Juni 2022, bencana rob terus mengancam kawasan pesisir Pantura Jateng, mulai dari Kabupaten Brebes, Kota Tegal, Kabupaten Pekalongan, Kota Pekalongan, Kota Semarang, Kabupaten Demak, Kabupaten Jepara, Kabupaten Pati, hingga Kabupaten Rembang.

Ini, lanjutnya, sangat merusak psikologis warga. Warga terdampak rob, tambah Sukirman, hanya memikirkan bagaimana meninggikan tempat tinggal masing-masing, sekaligus menyelamatkan barang-barang berharga.

"Saat rob muncul, dan genangannya tinggi, maka mereka harus mengungsi untuk sementara. Ini mungkin sudah menjadi semacam rutinitas, tapi tentu ini tidak baik untuk ke depannya," kata Sukirman, seperti dikutip Antara, baru-baru ini menanggapi rob tinggi di pesisir utara Jateng.

Baca Juga: Kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Masih Tergenang Rob, Ribuan Pekerja Kepikiran Biaya Servis Motor

Berdasarkan hal itu, kata dia, pemerintah juga harus memikirkan bagaimana warga terdampak rob tersebut tinggal di hunian yang layak melalui berbagai program yang ada.

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

X