BMKG Prediksi Pantai Selatan Jateng dan DIY Berpotensi Gelombang Tinggi, Masyarakat Diimbau Waspada

- Minggu, 12 Juni 2022 | 19:50 WIB
Ilustrasi gelombang laut tinggi. /Pixabay/
Ilustrasi gelombang laut tinggi. /Pixabay/

CILACAP, suaramerdeka-wawasan.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau seluruh pengguna jasa kelautan mewaspadai potensi gelombang setinggi enam meter.

Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Teguh Wardoyo, mengatakan, potensi gelombang tinggi itu diprediksi terjadi di Samudra Hindia selatan Jawa Tengah hingga Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

''Peningkatan tinggi gelombang itu, dipengaruhi pola angin di wilayah Indonesia bagian selatan yang dominan bergerak dari tenggara-barat daya dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot,'' ungkap Teguh di Cilacap, Minggu, 12 Juni 2022.

Baca Juga: Polisi Ungkap Khilafatul Muslimin Membuat Nomor Induk Warga, Datanya Mencapai Puluhan Ribu

Ia mengatakan, pergerakan angin yang cenderung searah dengan kecepatan tinggi berdampak terhadap peningkatan tinggi gelombang laut.

Oleh karena itu, pihaknya pada hari Minggu, 12 Juni 2022, mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi hingga sangat tinggi di laut selatan Jawa Barat, Jateng, serta DIY.

Ia mengatakan, peringatan gelombang tinggi itu berlaku hingga Senin, 13 Juni 2022, dan akan segera diperbarui jika ada perkembangan lebih lanjut.

Baca Juga: Waspada! Mulai Awal Juni 2022, Kemenkes Menyebut Ada Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 dari Covid 19

Dalam hal ini, katanya, tinggi gelombang 2,5-4 meter yang masuk kategori gelombang tinggi berpotensi terjadi di perairan selatan Sukabumi, perairan selatan Cianjur, perairan selatan Garut.

Selain itu, tambahnya, juga di perairan selatan Tasikmalaya, perairan selatan Pangandaran, perairan selatan Cilacap, perairan selatan Kebumen, perairan selatan Purworejo, dan perairan selatan Yogyakarta.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X