Polres Brebes Ungkap Sumber Dana Kelompok Khilafatul Muslimin, Ternyata Tersangka Ngaku dari Iuran Jamaah

- Rabu, 8 Juni 2022 | 21:58 WIB
Konvoi kelompok Khilafatul Muslimin yang beredar di media sosial. /Dok Istimewa/
Konvoi kelompok Khilafatul Muslimin yang beredar di media sosial. /Dok Istimewa/

BREBES, suaramerdeka-wawasan.com - Setelah menangkan tiga tersangka anggota jamaah Khilafatul Muslimin, Polres Brebes, Polda Jateng, mengungkap sumber dana kelompok tersebut.

Seperti diketahui, sebelumnya Polres Brebes menangkap tiga tersangka kelompok Khilafatul Muslimin, masing-masing G, AS, dan D yang kini mendekam di Mapolres.

Kapolres Brebes, AKBP Faisal Febrianto, menjelaskan, berdasarkan keterangan tersangka, sumber dana untuk kegiatan kelompok Khilafatul Muslimin berasal dari iuran umat atau jamaah.

Baca Juga: Bersama Kekasih di Kamar Kos, Mahasiswa di Kota Semarang Ditemukan Meninggal

Menurutnya, uang dari anggota itu selanjutnya dikumpulkan melalui Baitul Mal, kemudian digunakan untuk biaya operasional dan dakwah kelompok tersebut.

''Termasuk biaya perekrutan warga, agar mau menjadi anggota jamaah Khilafatul Muslimin,'' tambah Faisal dalam keterangannya pada Rabu, 8 Juni 2022.

Ia mengatakan, hasil pemeriksaan, dana itu diperoleh dari umat, dari infaq sedekah, yang dipakai untuk operasional, termasuk kegiatan konvoi dakwah.

Baca Juga: Syukuran Hasil Bumi di Batang, Presiden Jokowi Dipameri Hasil Tanaman dari Lahan Perhutanan Sosial

Faisal memaparkan, tiga petinggi kelompok Khilafatul Muslimin masih diperiksa, untuk mendalami adanya pihak-pihak lain yang terlibat termasuk sumber pendanaannya.

''Kami masih melakukan pemeriksaan untuk mengetahui, kemungkinan adanya orang lain yang terlibat dan bertanggung jawab atas kegiatan Khalifatul Muslimin,'' paparnya.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X