Kelompok Khilafatul Muslimin juga Berkasus di Brebes Jateng, Beberapa Orang Sudah Ditetapkan Tersangka

- Selasa, 7 Juni 2022 | 11:04 WIB
Ilustrasi sebuah rumah yang dijadikan kantor Khilafatul Muslimin Jawa Tengah di Desa Belangwetan, Kecamatan Klaten Utara, Klaten. /Dok Istimewa/
Ilustrasi sebuah rumah yang dijadikan kantor Khilafatul Muslimin Jawa Tengah di Desa Belangwetan, Kecamatan Klaten Utara, Klaten. /Dok Istimewa/

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - Kelompok Khilafatul Muslimin tak hanya bermasalah di Lampung, tapi juga berkasus di Brebes, Jawa Tengah.

Hal itu dikatakan Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo dalam keterangan pers di Jakarta dikutip dari suara.com pada Selasa, 7 Juni 2022.

Menurut Dedi, ada keterkaitan penegakan hukum di Lampung dan Polres Brebes, Jawa Tengah.

Baca Juga: Seluruh Wilayah di Indonesia Masuk PPKM Level 1, Kecuali Kabupaten Teluk Bintuni Papua Barat

''Keterkaitannya, Khilafatul Muslimin ini tidak hanya di Polda Metro Jaya, dan kemarin Polres Brebes sudah menetapkan beberapa tersangka, ini akan memiliki keterkaitan, akan dilakukan pendalaman lagi, untuk tersangka-tersangkanya,'' ungkap Dedi.

Dedi menambahkan, kepolisian masih mendalami barang bukti yang ditemukan di tempat kejadian, guna pengembangan penyidikan.

Seperti diketahui, Polda Metro Jaya merinci pasal yang disangkakan ke kelompok Khilafatul Muslimin dan terkini Pimpinan Khilafatul Muslimin, Abdul Qadir Baraja, sudah ditangkap di Lampung.

Baca Juga: Naik ke Candi Borobodur Bayar Rp750 Ribu, Biksu Pannyavaro: Rakyat Kecil sampai Mati pun Belum Tentu Mampu

Ada beberapa pasal yang disangkakan terhadap Khilafatul Muslimin, di antaranya Undang-Undang organisasi masyarakat, UU ITE, penyebaran berita hoaks yang menimbulkan kegaduhan di masyarakat.

''Mereka (Khilafatul Muslimin) memiliki koneksi jaringan memang pusatnya di Lampung. Pelaku di Lampung sudah beberapa kali lakukan pelanggaran pidana terorisme, terakhir pelanggaran protokol kesehatan ketika PPKM diberlakukan,'' ujar Dedi.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X