Meski ada PMK, Pemkab Kudus Optimis Kebutuhan Hewan Kurban di Kudus Terpenuhi

- Senin, 6 Juni 2022 | 20:05 WIB
Ilustrasi Dispertan Kota Semarang temukan hewan ternak bergejala PMK. /Dok Istimewa/
Ilustrasi Dispertan Kota Semarang temukan hewan ternak bergejala PMK. /Dok Istimewa/

KUDUS, suaramerdeka-wawasan.com – Meningkatnya kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak terutama sapi membuat hampir semua daerah di Jawa umumnya dan di Jawa tengah khususnya agak khawatir.

Apalagi PMK ini merebak disaat Hari Raya Idul Kurban tinggal hitungan hari. Sehingga, bukan hanya soal kelangkaan, ketersediaan ternak sebagai hewan kurban juga dikhawatirkan harganya lebih mahal.

Namun Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus cukup optimistis, kebutuhan ternak untuk Idul Adha tetap aman. Bahkan cukup dipenuhi dari lokal Kudus tanpa harus mendatangkan dari luar.

Baca Juga: Kabupaten Semarang Akhirnya Memperpanjang Penutupan Pasar Hewan Hingga 14 Juni 2022

Baca Juga: Antisipasi PMK pada Ternak, Bupati Kendal Tutup Tiga Pasar Hewan Selama Dua Pekan

 ‘’Populasi ternak yang ada di Kudus tercatat ada lebih dari 8.000 ekor. Sedangkan kebutuhan untuk Idul Adha, sebanyak 20 persennya saja itu sudah lebih dari cukup,’’ kata Kabid Peternakan, Agus Setiawan, baru-baru ini seperti dikutip Suara Merdeka.

Dia kemudian membeberkan data dari Dinas Pertanian dan Pangan, dimana populasi sapi potong saja mencapai 8.679 ekor dimana 5.034 ekornya merupakan sapi jantan dewasa.

Sementara untuk kerbau totalnya mencapai 1.826 ekor dimana untuk jantan dewasa sebanyak 276 ekor dan 739 ekor lainnya merupakan betina dewasa.

Untuk kambing, lanjut dia, tercatat sebanyak 26.117 ekor dan domba 13.555 ekor.

Apalagi dengan adanya PMK, kata dia, maka para pedagang tentunya akan lebih arif dalam memilih ternak yang dibeli. Dan akan lebih aman mengambil dari lokal Kudus mengingat kualitasnya sudah diketahui. Jika membeli dari luar, apalagi yang zona merah, itu akan kurang aman.

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Sumber: Suara Merdeka

Tags

Terkini

X