Minat Masyarakat untuk Vaksinasi Covid 19 di Kabupaten Kudus Menurun, Terutama Dosis Ketiga

- Senin, 6 Juni 2022 | 13:21 WIB
Ilustrasi vaksin. /Pixabay/
Ilustrasi vaksin. /Pixabay/

KUDUS, suaramerdeka-wawasan.com - Minat masyarakat Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, untuk melaksanakan vaksinasi Covid 19 mulai menurun, seiring membaiknya keadaan pandemi dan pelonggaran aturan, termasuk pemakaian masker.

Subkoordinator Surveilans dan Imunisasi pada Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus, Aniq Fuad mengatakan, hingga awal pekan ini masih ada ketimpangan dalam capain vaksinasi dosis satu, dua, dan tiga.

''Capaiannya sebesar 97 persen pada dosis pertama, 86 persen pada dosis kedua, dan 26 persen pada dosis ketiga,'' jelas Aniq Fuad dalam keterangannya pada Senin, 6 Juni 2022.

Baca Juga: Ungkap Tindak Kejahatan, Dua Siswa SDN Sadeng 02 Kota Semarang Dapat Hadiah Sepeda dari Polisi

Aniq mengatakan, ada beberapa alasan mengapa minat masyarakat terhadap vaksinasi Covid 19 mulai menurun.

''Tapi yang paling jelas, ya karena mereka sudah merasa kalau pandeminya berangsur membaik, sehingga pencegahannya cukup dengan protokol kesehatan,'' ungkapnya.

Walau begitu, Aniq memastikan, masih ada sejumlah masyarakat yang masih sadar akan pentingnya vaksinasi bagi mereka dan keluarga.

Baca Juga: Pandemi Belum Berakhir, Satgas Covid 19 Informasikan Kasus Positif di Indonesia Bertambah 388 Orang

Hanya saja, tambahnya lagi, masyarakat yang sadar pentingnya vaksinasi tidak banyak, capaian persentase penyuntikan tiap hari tetap mengalami penambahan.

''Capaian di vaksinasi ketiga ya memang pelan-pelan, yang paling banyak vaksinasi untuk saat ini baru dosis kedua,'' tambahnya.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X