Sebanyak 20 Sedulur Singkep Penganut Ajaran Samin terima KTP-el

- Rabu, 1 Juni 2022 | 18:52 WIB
Sedulur Singkep merayakan satu abad perjuangan Samin Surosentiko beberapa waktu silam (Dok)
Sedulur Singkep merayakan satu abad perjuangan Samin Surosentiko beberapa waktu silam (Dok)

KUDUS, suaramerdeka-wawasan.com – Sebanyak 20 orang warga Sedulur Sikep atau penganut kepercayaan ajaran Samin Surosentiko, mendapatkan pengakuan negara dengan mendapatkan KTP-el.

Duapuluh warga penganut kepercayaan ajaran Samin Surosentiko yang mendapatkan KTP-el dari Desa Larikrejo, Undaan, Kudus, Jawa Tengah. Seperti dikabarkan Antara, mereka menerima pada, Selasa, 31 Mei 2022.

KTP-el warga Samin ini tidak lagi mencantumkan salah satu agama dari yang diakui oleh pemerintah di kolom agama. Di Indonesia ada enam agama yang diakui yaitu Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu.

Baca Juga: Minyak Goreng Langka di Wilayah Kudus, Ini Sebabnya

Baca Juga: Polda Jateng Ungkap Peredaran Minyak Goreng 12 Ton Tanpa Ijin di Banyumas

Dalam kolom agama mereka sudah tertulis ‘Kepercayaan Kepada Tuhan Yang Maha Esa’. Ini sesuai dengan aturan baru KTP-el yang diterbitkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Perlu diketahui, pencantuman kolom kepercayaan pada  KTP-el merupakan tindak lanjut dari amar putusan MK Nomor 97/PUU-XIV/2016 tanggal 18 Oktober 2017.

Keputusan itu kemudian oleh Kemendagri ditindaklanjuti dengan penerbitan Permendagri Nomor 118 Tahun 2017 tentang Blangko KK, Register dan Kutipan Akta Pencatatan Sipil.

“Kolom kepercayaan ditambahkan untuk melaksanakan amanat putusan MK (Mahkamah Konstitusi). Kolom agama tetap, tidak ada yang berkurang,’’ Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri,  Prof Dr Zudan Arif Fakrullah, dalam penjelasan di aman resmi Kemendagri.

Dengan adanya putusan ini, maka KTP-el bagi penghayat kepercayaan dicantumkan elemen data pada kolom kepercayaan atau.

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

X