Ganjar Pastikan Penanganan Banjir Rob Jangka Pendek Sudah Dikerjakan

- Rabu, 25 Mei 2022 | 00:01 WIB
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo memberi pengarahan saat mengunjungi wilayah terdampak banjir rob (MediaMildaJateng)
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo memberi pengarahan saat mengunjungi wilayah terdampak banjir rob (MediaMildaJateng)

SEMARANG, suaramerdeka-wawasan.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Selasa, 24 Mei 2022, masih meninjau daerah-daerah yang terdampak rob. Dengan menggunakan perahu milik BPDB, ia mengecek kondisi tanggul laut yang jebol.

Dia mengatakan, saat ini penanganan jangka pendek pada tanggul laut yang jebol sudah dikerjakan, diharapan dalam beberapa hari persoalan banjir rob ini bisa ditanggulangi sementara.

Ganjar menjelaskan selain penanganan di sumber luberan pada tanggul jebol, penanganan rob tinggi di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang juga dilakukan pada titik-titik lain yang berpotensi akan terjadi luberan air pasang.

Baca Juga: Banjir Rob Masih Lumpuhkan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Pabrik Tutup, Sejumlah Kapal Tertunda Berangkat

Baca Juga: Kawasan Pelabuhan Tanjung Mas Banjir Akibat Rob, Pertamina Pastikan Distribusi BBM dan LPG Lancar

“Kalau jangka pendek beberapa tanggul yang kemarin bahasa ramainya di publik itu jebol kita cari. Karena sebenarnya kalau menutup itu jauh lebih cepat,” kata Ganjar saat meninjau lokasi terdampak rob di Kampung Ujung Laut, RT 01/RW 01, Kelurahan Bandarharjo, Kota Semarang, Selasa, 24 Mei 2022.

Sementara itu Dinas Sosial dan BPBD Provinsi Jawa Tengah memastikan kebutuhan logistik untuk warga terdampak banjir rob di Kota Semarang dan Kabupaten Demak, aman serta tercukupi.

"Logistik untuk warga terdampak banjir di wilayah Pantura Jateng dalam kondisi aman, tidak hanya makanan, tapi ada selimut, nanti ada pampers. Kami dorong itu juga," kata Kepala Dinas Sosial Jateng, Harso Susilo, di Semarang, Selasa, 24 Mei 2022.

Pihaknya juga menyiapkan peralatan mandiri warga serta peralatan dapur untuk warga terdampak serta mengantisipasi kurangnya logistik, dengan mengoptimalkan bantuan yang ada, seperti dari Kementerian Sosial.

Ia memastikan logistik yang ada ini akan bisa mencukupi kebutuhan warga, setidaknya hingga lima hari ke depan dan Dinsos Jateng juga akan memantau persediaan logistik selama 24 jam.

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

X