Jelang Tri Suci Waisak Tahun 2022, Bhikku Berbagai Majelis Ambil Api Abadi di Mrapen Kabupaten Grobogan

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 21:40 WIB
Prosesi pengambilan Api Darma Waisak di objek wisata Api Abadi Mrapen, di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Grobogan, Jateng, Sabtu, 14 Mei 2022. /Dok Istimewa/
Prosesi pengambilan Api Darma Waisak di objek wisata Api Abadi Mrapen, di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Grobogan, Jateng, Sabtu, 14 Mei 2022. /Dok Istimewa/

GODONG, suaramerdeka-wawasan.com - Pengambilan api Darma Waisak di objek wisata Api Abadi Mrapen, di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Grobogan, Jawa Tengah berlangsung khidmat, Sabtu, 14 Mei 2022.

Ritual ini dilaksanakan dalam rangka menyambut Tri Suci Waisak ke 2566 Buddhist Era (BE) tahun 2022, yang puncak perayaannya digelar di Candi Borobudur, Magelang, pada Senin, 16 Mei 2022 mendatang.

Dikutip dari murianews.com. dalam pengambilan api tersebut, para bhikku berbagai majelis secara bersama-sama menyulut api di obor dengan Api Abadi Mrapen.

Baca Juga: Hepatitis Akut Tak Ada Hubungannya dengan Vaksin Covid 19, Dokter Hakam: Pencegahannya Tetap lewat Prokes

Setelah obor menyala, kemudian dibawa untuk menyulut api di tungku yang ada di mobil pikap.

Api Dharma akan disakralkan di Candi Mendut, sebelum akhirnya dibawa ke Candi Borobudur pada Senin nanti.

Sebelumnya, puluhan Bhikkhu Sangha yang dipimpin YM Bhiksu Samantha Kusala Mahasthavira (suhu Pushan), menggelar upacara ritual.

Baca Juga: Percepat Proses Naturalisasi, Jordy Amat dan Sandy Walsh Tiba di Jakarta Akhir Pekan Ini

Para Bhikku Sangha dan rohaniawan, serta tujuh majelis Agama Budha bergantian melakukan Puja Bhakti Penyakralan Api Dharma.

Koordinator Bidang Sosial dan Hukum DPP Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi), Esther Setiawati Santoso mengatakan, pengambilan api tersebut sebagai simbol kehidupan dalam keabadian.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X