Waspada Luurr, BMKG Cilacap Memprediksi Gelombang Laut Selatan Bisa Mencapai Empat Meter

- Jumat, 13 Mei 2022 | 12:00 WIB
Ilustrasi gelombang laut tinggi. /Pixabay/
Ilustrasi gelombang laut tinggi. /Pixabay/

CILACAP, suaramerdeka-wawasan.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca ekstrem bakal terjadi di laut selatan Pulau Jawa, dengan gelombang laut bisa mencapai hingga 4 meter.

Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Teguh Wardoyo mengatakan, gelombang tinggi itu berpotensi di laut selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta selama bulan Mei 2022.

Menurut Teguh, peringatan dini gelombang tinggi itu berlaku hingga 14 Mei 2022 karena tinggi gelombang di perairan selatan Jabar-DIY maupun Samudra Hindia selatan Jabar-DIY berpotensi mencapai 2,5-4 meter.

Baca Juga: Toyota Luncurkan Mobil Listrik bZ4X di Jepang, Tak Menutup Kemungkinan Dipasarkan di Indonesia

''Sekarang perairan selatan Jabar, Jateng, dan DIY maupun Samudra Hindia selatan Jabar-DIY memasuki musim angin timuran, sehingga gelombang tinggi berpotensi terjadi,'' papar Teguh dalam keterangannya pada Kamis, 12 Mei 2022.

Dia mengatakan, akan segera menginformasikan kepada masyarakat, jika ada perkembangan lebih lanjut terkait dengan kondisi cuaca maupun tinggi gelombang laut.

''Kami mengimbau kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga kondisi stamina tubuh dan kecukupan cairan tubuh, terutama bagi warga yang beraktivitas di luar ruangan pada siang hari yang cukup panas,'' katanya.

Baca Juga: Hewan Ternak Empat Daerah di Jateng Ada yang Terdeteksi PMK, Ganjar: Bisa Diobati, Tidak Usah Panik

Terkait kondisi cuaca di wilayah Jateng selatan, Teguh mengatakan hujan masih berpotensi terjadi di Cilacap, Banyumas, dan sekitarnya hingga akhir bulan Mei 2022.

Teguh menjelaskan, dalam pengamatan yang dilakukan di Stamet (Stasiun Meteorologi) Tunggul Wulung pada periode 1-12 Mei 2022, tercatat sembilan hari terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X