Revitalisasi Tiga Terminal Tipe A di Jateng Diresmikan, Kini Jadi Tempat Pelayanan yang Tak Menyeramkan

- Sabtu, 7 Mei 2022 | 19:06 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat berada di Terminal Mangkang, Kota Semarang. /Dok Humas Pemprov Jateng/
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat berada di Terminal Mangkang, Kota Semarang. /Dok Humas Pemprov Jateng/

SEMARANG, suaramerdeka-wawasan.com – Revitalisasi sejumlah terminal penumpang tipe A di Jateng, telah memberikan wajah baru pelayanan, sehingga mengubah terminal jadi pusat kegiatan masyarakat yang ramah dan tidak menyeramkan.

Demikian dikatakan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno, di sela peresmian revitalisasi tiga terminal oleh Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi di Terminal Mangkang Semarang, Sabtu, 7 Mei 2022.

Selain meresmikan revitalisasi Terminal Mangkang Semarang, Terminal Bulupitu Purwokerto, serta Terminal Tirtonadi Surakarta, Menhub juga melepas angkutan balik gratis Pemprov Jateng 2022 secara daring dan luring.

Baca Juga: Mobil Tabrak Tiga Motor di Jalur Jalan Purwodadi ke Blora, Seorang Pemudik Tewas di Lokasi Kejadian

''Kalau dahulu orang masuk terminal seram, tapi sekarang terminal dibikin ramah. Bahkan, Wali Kota Semarang menjadikan terminal sebagai mal pelayanan publik,'' kata Sekda.

Ia menjelaskan, dengan perubahan tampilan dan bertambahnya fasilitas serta fungsi, terminal yang sekarang tidak hanya sebagai tempat untuk menaikturunkan penumpang atau barang, sehingga akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi.

''Pemprov Jateng berterima kasih, dan menyambut baik revitalisasi Terminal Tirtonadi, Bulupitu, dan Mangkang, karena pertumbuhan ekonomi juga ditopang konektivitas terminal-terminal yang direvitalisasi Kementerian Perhubungan,'' katanya.

Baca Juga: Liburan Mantap! Terkait Lonjakan Lalin Arus Balik Lebaran 2022, ASN Bisa WFH Sepekan

Sementara itu Sekda menjelaskan, terkait program angkutan balik gratis atau balik rantau gratis 2022, meskipun pembahasan program mudik dan balik gratis Lebaran 2022 dilakukan secara singkat, berjalan lancar dan sesuai yang diharapkan.

''Anggaran untuk program mudik dan balik Lebaran 2022 tidak sebanyak tahun-tahun sebelumnya. Kalau kondisi ke depan sudah lebih baik, tentu kita akan siap semua.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X