Kepadatan Lalin Arus Balik Tembus Rasio 1, Kakorlantas: Terapkan One Way Mulai GT Kalikangkung hingga Cikampek

- Kamis, 5 Mei 2022 | 20:53 WIB
Kakorlatas Polri, Irjen Pol Firman Santyabudi saat meninjau kesiapan personel di GT Kalikangkung, Kota Semarang, Kamis 5 Mei 2022. /Dok Humas Polda Jateng/
Kakorlatas Polri, Irjen Pol Firman Santyabudi saat meninjau kesiapan personel di GT Kalikangkung, Kota Semarang, Kamis 5 Mei 2022. /Dok Humas Polda Jateng/

SEMARANG, suaramerdeka-wawasan.com - Kakorlantas (Kepala Korps Lalu Lintas) Polri, Irjen Pol Firman Santyabudi, melakukan pengecekan kesiapan jalur arus balik di Gerbang Tol Kalikangkung, Kota Semarang, Kamis, 5 Mei 2022.

Pengecekan kesiapan itu dilakukan, menyusul rencana penerapan one way nasional di jalur tol mulai Gerbang Tol (GT) Kalikangkung hingga Cikampek, yang akan dilaksanakan pada Jumat, 6 Mei 2022.

Kakorlantas didampingi Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Agus Suryonugroho, mengecek kesiapan personel, serta perkembangan arus lalu lintas pada masa arus balik di Gate Tol Bawen, Banyumanik, dan Kalikangkung.

Baca Juga: Tradisi Menerbangkan Balon Udara di Wonosobo Digelar Lagi, Dipantau Polisi dan Ini Syaratnya dari AirNav

Menurut Kakorlantas, perkembangan arus lalu lintas ke arah Jakarta usai Lebaran, sudah menembus rasio 1, sehingga perlu intervensi berupa rekayasa lalu lintas, agar tak terjadi kemacetan pada arus balik.

''Bila rasio sudah menembus angka 1, sudah tak bisa lagi dilakukan pengaturan jalur seperti pada masa normal. Maka, perlu rekayasa lalu lintas,'' kata Firman Santyabudi, dalam keterangan pers pada Kamis, 5 Mei 2022.

Untuk itu, Kakorlantas menjanjikan update perkembangan informasi pengaturan lalu lintas akan disampaikan kepada masyarakat, agar tidak terjebak di tengah kemacetan arus lalu lintas.

Baca Juga: Pengaruh Libur Panjang Lebaran 2022, Prediksi Lonjakan Penumpang KA Arus Mudik dan Balik Bergeser

''Kepentingan dan kenyamanan masyarakat dalam menggunakan jalan, tetap harus diutamakan,'' tandas Firman.

Sementara itu Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Agus Suryonugroho, menjelaskan perkembangan arus lalu lintas di Jateng sudah mulai memadat, sehingga dimungkinkan akan diterapkan one way yang bersifat lokal dari GT Banyumanik.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

Bupati Pemalang Ditangkap Atas Dugaan Suap. Apa Saja?

Jumat, 12 Agustus 2022 | 12:02 WIB

Bupati Pemalang Dikabarkan Terjaring OTT KPK

Kamis, 11 Agustus 2022 | 22:58 WIB
X