Kebakaran Kapal Dermaga Batre, 45 Kapal Hangus, Kerugian Rp 130 M

- Rabu, 4 Mei 2022 | 21:18 WIB
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lutfi meninjau lokasi kebakaran kapal nelayan di Cilacap
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lutfi meninjau lokasi kebakaran kapal nelayan di Cilacap

SEMARANG, suaramerdeka-wawasan.com - Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi meminta kebakaran 45 kapal di Dermaga Batre, Pelabuhan Wijayapura, Cilacap, diusut tuntas.

Kapolda mengatakan hal itu usai meninjau lokasi kebakaran, Rabu, 4 Mei 2022. Dalam kesempatan itu, Kapolda, sekaligus memastikan penanganan yang dilakukan oleh aparat kepolisian secara tepat.

"Awal mula kebakaran diduga dipicu oleh percikan api, dari aktivitas salah satu anak buah kapal (ABK) di lokasi,'' jelas Ahmad Luthfi, saat memberikan keterangan, usai melakukan peninjauan di Cilacap.

Baca Juga: Kebakaran Kapal Nelayan di Dermaga Batre Meluas, Lebih dari 40 Keluarga Terdekat Diungsikan

Peristiwa kebakaran ini, secara resmi dirilis, menghanguskan 44 kapal dan satu buah kapal tug boat. Kebakaran ini juga mengakibatkan seorang montir -yang pada saat kejadian tengah bekerja- mengalami luka bakar hingga 25 persen.

Kapolda mengungkapkan, nilai kerugian kebakaran kapal ini mencapai ratusan miliar rupiah. "Kerugian akibat kebakaran hampir mencapai Rp130 miliar karena ada 44 kapal nelayan dan satu kapal tug boat yang terbakar," kata Kapolda.

Pihak kepolisian sejauh ini masih mendalami penyebab kebakaran dll. Untuk itu Polda Jateng, katanya, telah mengerahkan tim laboratorium forensik ke lokasi kebakaran. Tim tersebut bakal memastikan asal percikan api.

Luthfi mengungkap lokasi kebakaran terjadi di empat titik, meliputi dermaga Batre di Pelabuhan Wijayapura serta dermaga Pelindo VI Cilacap. Hal itu disebabkan oleh kapal- kapal yang terbakar sempat terbawa arus dan membakar kapal yang lain tengah bersandar.

Baca Juga: Sejumlah Kapal di Dermaga Batre, Pelabuhan Cilacap, Terbakar. Satu Orang Dikabarkan Terluka

Sehingga ada beberapa lokasi kejadian meskipun masih di dalam kawasan yang berdekatan. 

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

X